Apa saja gunung favorit para pendaki?

Gemar mendaki gunung atau hiking? Pasti Anda bakal tambah cinta dengan Indonesia, karena di sini banyak jalur pendakian dengan pemandangan yang indah. Apa saja gunung favorit para pendaki?
pendakian

  1. Gunung Gede, Jawa Barat
    Dari sekian gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat, Gunung Gede masih menjadi yang terfavorit. Pendakinya bukan datang dari Jabodetabek ( Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang dan Bekasi ), dan kota lain di Jawa Barat seperti Bandung dan Sukabumi.

  2. Gunung Papandayan, Jawa Barat
    Pasca letusan 7 tahun lalu, Gunung yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini semakin diminati pendaki lantaran perubahan alamnya yang kian cantik, terutama sekitar kawah utamanya.

  3. Gunung Merbabu, Jawa Tengah
    Gunung yang memiliki 7 puncak ini begitu diminati kalangan pendaki Jateng dan Jogja. Panorama khasnya selain puncak 7 itu juga savana dan Matahari tenggelamnya ( sunset ) yang eksotis. Lambat laut warna langit dan awannya pun berubah.

  4. Gunung Merapi, Jawa Tengah
    Gunung berapi paling aktif di Jawa ini juga sangat popular di kalangan pendaki Jogja dan Jateng. Jalur umumnya ada dua yakni Selo dan Kaliurang. Namun yang paling sering digunakan karena paling dekat adalah Selo, Kabupaten Boyolali, Jateng.

  5. Gunung Semeru, Jawa Timur
    Atap Jawa berketinggian 3.676 mdpl ini juga menjadi gunung favorit pendaki Indonesia. Selama Ramadhan kemarin, ada beberapa pendaki yang mendaki puncaknya yang bertitle Mahameru. Selain itu ada 4 danau ( ranu ) di kawasannya yakni Ranu Pani, Regulo, Kumbolo, dan Ranu Darungan.

  6. Gunung Marapi, Sumatera Barat
    Gunung berapi ini tergolong paling aktif di Sumatera. Sudah 50 - an lebih meletus. Justru keaktivannya itulah yang menjadi daya tarik gunung ini hingga sering didaki.

  7. Gunung Sinabung, Sumatera Utara
    Setelah tidur panjang, gunung berketingian 2.460 mdpl ini meletus, Minggu dini hari 29 Agustus 2010 setelah sehari sebelumnya menyemburkan asam pekat. Gunung yang berada dekat dengan Gunung Sibayak ini diminati banyak pendaki khususnya dari Kota Medan dan beberapa kota / kabupaten lain di Sumut.

  8. Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan
    Gunung berketinggian 2.830 mdpl yang berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki Kota Makassar dan sejumlah kabupaten di Sulsel selain Gunung Lampobattang. Yang unik selain pendaki, gunung ini pun kerap didaki oleh penganut sinkrerisme yang meyakini gunung ini sebagai tempat pertemuan para wali.

  9. Gunung Dempo, Sumatera Selatan
    Gunung Dempo ini diminati karena selain airnya jernih dan mudah didapat sampai setengah perjalanan, pendakian ke puncak utamanya pun tidak terlalu sulit, dan yang pasti pemandangan dari puncaknya indah. Dari puncaknya terlihat kawah, pemandangan Provinsi Bengkulu dengan Lautan Hindia, dan hamparan lembah indah.

  10. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
    Gunung berketinggian 3.726 mdpl di Pulau Lombok, NTB ini masih menjadi gunung berapi favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Dari puncaknya, saat cuaca cerah di pagi hari pendaki disuguhi ‘sarapan’ panorama Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen - Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa.