Apa saja gejala-gejala insomnia?

tidur

(aditya) #1

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur yang dapat menghambat aktifitas penderitanya. Apa saja gejala-gejala penderita insomnia?


(hanaaa) #2

Menurut Iskandar dan Setyonegoro (1985) mengemukakan bahwa insomnia memiliki beberapa keluhan atau gejala yang meliputi:

  1. Kurangnya jumlah jam tidur; pada kebanyakan subjek normal lamanya tidur biasanya lebih dari 6 1/2 jam, sedangkan pada penderita insomnia umumnya tidur lebih sedikit dari itu.

  2. Adanya mimpi-mimpi yang mengganggu; pada subjek normal biasanya tidak terdapat mimpi atau tidak mengingat bila ia mimpi atau kadang-kadang mimpi yang dapat diterima. Sedangkan pada penderita insomnia mempunyai mimpi yang lebih banyak atau selalu bermimpi dan kadang-kadang mempunyai mimpi yang buruk.

  3. Tidur tidak nyenyak; gejala ini mengacu pada kualitas tidur, kebanyakan dari subjek normal tidurnya dalam, akan tetapi penderita insomnia biasanya tidurnya dangkal.

  4. Sulit untuk masuk tidur; subjek normal biasanya dapat jatuh tidur dalam waktu sampai 15 menit. Penderita insomnia biasanya lebih lama dari 15 menit.

  5. Tidak dapat mempertahankan tidur (tidur mudah terbangun); pada subjek normal dapat mempertahankan tidur sepanjang malam, kadang-kadang mereka terbangun satu sampai dua kali tetapi penderita insomnia biasanya terbangun selama lebih dari tiga kali.

  6. Bila telah terbangun sulit untuk tidur kembali; pada subjek normal mudah sekali untuk tidur kembali setelah terbangun di malam hari dan biasanya kurang dari 5 menit mereka dapat tertidur kembali. Sedangkan pada penderita insomnia memerlukan waktu yang panjang untuk tidur kembali.

  7. Bangun di pagi hari; subjek normal dapat terbangun kapan pun ingin bangun, tetapi penderita insomnia biasanya bangun lebih cepat, misalnya 1 sampai 2 jam sebelum waktu untuk bangun (bangun dini hari).

  8. Perasaan tidak segar di pagi hari; pada subjek normal merasa segar setelah tidur di malam hari, sedangkan penderita insomnia biasanya bangun tidak segar atau lesu.