Apa Saja Gejala Gangguan Mental Pada Orang Dewasa?

gangguan mental dewasa

Gangguan mental juga sering disebut dengan gangguan kejiwaan. Gangguan mental gangguan pola psikologis atau pola perilaku yang biasanya berkaitan erat dengan tingkat stres maupun kelainan mental yang berada di luar dari bagian perkembangan normal manusia. Gangguan mental biasanya akan memberikan dampak di segala aspek. Tidak hanya pada diri penderitanya saja, orang-orang di sekitar penderita gangguan mental biasanya juga akan terganggu dengan keberadaan penderita gangguan mental. Karena itu, penting kiranya kita menjaga kondisi jiwa agar terhindar dari gangguan mental.

Berikut beberapa gejala gangguan mental pada orang dewasa:

  • Pada pria dewasa, gejala gangguan mental bisa saja tidak nampak pada lingkungan sosial. Sebagai contoh, seorang pria bersikap sangat baik dalam kehidupan sosial hingga mampu menarik lawan jenisnya. Namun saat pria tersebut sudah menikah, si pria justru sering menyakiti istrinya.

  • Orang dewasa yang mengalami gangguan mental biasanya akan bergonta-ganti pekerjaan. Mereka sulit menyesuaikan diri di lingkungan sosial.

  • Biasanya gangguan mental akan diawali dengan delusi dan halusinasi, seperti mendengar suara-suara aneh padahal nyatanya tidak ada.

  • Mudah merasa cemas dan merasa khawatir secara berlebihan, bahkan jika penyebabnya masalah yang sangat kecil sekalipun.

  • Pada beberapa kasus, orang dewasa juga akan melakukan tindakan bunuh diri untuk menyelesaikan permasalahan mereka.