Apa saja gejala dari Generalized Anxiety Disorder?

Gangguan Kecemasan Umum

Generalized Anxiety Disorder atau Gangguan Kecemasan Umum merupakan kondisi kecemasan yang tidak jelas apa yang menjadi sumber kecemasan itu sendiri. Penderita GAD menganggap kekhawatiran yang mereka rasakan cenderung sebagai suatu hal yang sulit dikendalikan. Ketegangan yang mereka rasakan begitu besar bahkan sampai bisa membuat mereka tidak bisa berpikir jernih, kesulitan tidur malam, atau tidak bisa menikmati tidur malam yang efektif dan berkualitas.

Apa saja gejala dari Generalized Anxiety Disorder ?

Ciri-ciri sekaligus gejala yang terlihat dari seseorang dengan GAD antara lain:

  1. Kecemasan berlebihan, perasaan cemas tersebut sering muncul setidaknya selama 6 bulan serta mampu memengaruhi aktivitas harian.
  2. Kecemasan yang dirasakan lantas menyebabkan stres yang signifikan.
  3. Penderitanya merasa kesulitan mengendalikan perasaan cemas yang tak beralasan dan tidak jelas apa sumbernya.
  4. Kecemasan yang dirasakan oleh penderita GAD paling tidak dianggap sebagai akumulasi minimal 3 dari hal-hal berikut: perasaan gelisah, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mudah marah, otot tubuh menjadi tegang, mengalami gangguan tidur.

Gejala-gejala yang bersifat fisik diantaranya adalah : jari tangan dingin, detak jantung makin cepat, berkeringat dingin, kepala pusing, nafsu makan berkurang, tidur tidak nyenyak, dada sesak. Gejala yang bersifat mental adalah: ketakutan merasa akan ditimpa bahaya, tidak dapat memusatkan perhatian, tidak tenteram, ingin lari dari kenyataan (Siti Sundari, 2004).

Kecemasan juga memiliki karakteristik berupa munculnya perasaan takut dan kehati-hatian atau kewaspadaan yang tidak jelas dantidak menyenangkan. Gejala-gejala kecemasan yang muncul dapat berbeda pada masing-masing orang. Kaplan, Sadock, & Grebb (Fitri Fauziah & Julianti Widury, 2007) menyebutkan bahwa takut dan cemas merupakan dua emosi yang berfungsi sebagai tanda akan adanya suatu bahaya.

Kholil Lur Rochman, (2010) mengemukakan beberapa gejala-gejala dari kecemasan antara lain:

  • Ada saja hal-hal yang sangat mencemaskan hati, hampir setiap kejadian menimbulkan rasa takut dan cemas. Kecemasan tersebut merupakan bentuk ketidakberanian terhadap hal-hal yang tidak jelas.

  • Adanya emosi-emosi yang kuat dan sangat tidak stabil. Suka marah dan sering dalam keadaan exited (heboh) yang memuncak, sangat irritable, akan tetapi sering juga dihinggapi depresi.

  • Diikuti oleh bermacam-macam fantasi, delusi, ilusi, dan delusion of persecution (delusi yang dikejar-kejar).

  • Sering merasa mual dan muntah-muntah, badan terasa sangat lelah, banyak berkeringat, gemetar, dan seringkali menderita diare.

  • Muncul ketegangan dan ketakutan yang kronis yang menyebabkan tekanan jantung menjadi sangat cepat atau tekanan darah tinggi.

Nevid Jeffrey S, Spencer A, & Greene Beverly (2005:164) mengklasifikasikan gejala-gejala kecemasan dalam tiga jenis gejala, diantaranya yaitu:

  • Gejala fisik dari kecemasan yaitu: kegelisahan, anggota tubuh bergetar, banyak berkeringat, sulit bernafas, jantung berdetak kencang, merasa lemas, panas dingin, mudah marah atau tersinggung.

  • Gejala behavioral dari kecemasan yaitu: berperilaku menghindar, terguncang, melekat dan dependen

  • Gejala kognitif dari kecemasan yaitu: khawatir tentang sesuatu, perasaan terganggu akan ketakutan terhadap sesuatu yang terjadi dimasa depan, keyakinan bahwa sesuatu yang menakutkan akan segera terjadi, ketakutan akan ketidakmampuan untuk mengatasi masalah, pikiran terasa bercampur aduk atau kebingungan, sulit berkonsentrasi.