Apa saja fungsi Teman Sebaya secara psikologi ?

teman_sebaya

(Arisha Yonna Tanu) #1

Teman sebaya

Teman sebaya adalah suatu kumpulan orang yang menghasilkan nilai tertentu dan standar khas bagi perilaku dan struktur sosial pemimpin dan pengikut.

Apa saja fungsi Teman Sebaya secara psikologi ?


(Amalia Laisa) #2

Teman sebaya sangat berpengaruh dalam perkembangan anak. Hal ini dikarenakan anak usia 7 hingga 11 tahun menghabiskan lebih dari 40 persen waktunya untuk berinteraksi dengan teman sebayanya (Santrock, 2007).

Penerimaan teman sebaya berfungsi untuk membentuk perilaku dan norma yang pada diri anak. hal ini dikarenakan anak yang diterima baik oleh teman sebayanya akan menghasilkan pola norma dan perilaku yang baik. Kondisi ini membuka peluang untuk menjadikan anak berhasil dalam tahapan perkembangan sosial berikutnya, sehingga anak mampu membentuk kehidupan yang bahagia (Hurlock, 1978).

Sementara itu, Santrock (2007) menjelaskan bahwa fungsi teman sebaya adalah sebagai sumber informasi dan perbandingan tentang dunia diluar keluarga yang mengelilingi anak. Hal ini dikarenakan anak akan menerima umpan balik terkait kemampuanya dari anak seusianya. Anak akan berusaha mengevaluasi segala tindakanya dengan ukuran apakah lebih baik, sama, atau lebih buruk dari apa tindakan yang dilakukan anak lain. Umpan balik dan evaluasi ini sangat sulit didapatkan dilingkungan keluarga karena perbedaan usia antar anggota keluarga.

Hubungan teman sebaya yang baik diperlukan untuk perkembangan sosioemosional anak. Hal ini didasarkan pada pendapat Piaget dan Sullivan yang menjelaskan bahwa melalui interaksi teman sebaya anak belajar tentang cara berinteraksi yang simetris dan timbal balik. Lebih lanjut, Piaget dan Kohlberg menjelaskan bahwa interaksi yang simetris dan timbal balik mengembangkan logika moral dan pemahaman sosial anak, sehingga anak mampu menggali prinsip kebaikan dan keadilan melalui interaksi dengan teman sebaya.

Menurut Santrock persahabatan dalam teman sebaya memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai kawan (companionship)
    Persahabatan memberikan teman yang bersedia meluangkan waktu bersama untuk melakukan kegiatan bersama.

  • Sebagai pendorong (stimulation)
    Teman sebaya memberikan informasi yang menarik, hiburan, dan kegembiraan.

  • Sebagai dukungan fisik (physical support)
    Persahabatan memberikan waktu, pertolongan, dan kemampuan.

  • Sebagai dukungan ego (ego support)
    Teman sebaya memberikan dorongan dan timbal balik kepada anak untuk mempertahankan kesan atas dirinya sebagai individu yang menarik, mampu, dan berharga.

  • Sebagai perbandingan sosial (social comparation)
    Hubungan persahabatan teman sebaya memberikan informasi tentang cara berinteraksi dengan orang lain. Anak akan menilai apakah tindakanya sudah baik atau belum dengan cara membandingkanya dengan tindakan orang lain.

  • Sebagai pemberi keakraban dan perhatian (intimacy/affection)
    Persahabatan teman sebaya memberikan hubungan yang erat, saling percaya, dan berkaitan dengan pengungkapan diri.