© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja fungsi pasar modal bagi perekonomian suatu negara?

Pasar modal

Pasar modal didefinisikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum dan perdagangan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan efek.

Apa saja fungsi pasar modal bagi perekonomian suatu negara?

Berikut beberapa fungsi dari pasar modal:

  1. Mempertemukan permintaan dan penawaran efek atau surat berharga

  2. Sebagai sarana penambahan modal bagi dunia usaha

  3. Sarana peningkatan pendapatan negara

  4. Mendorong pertumbuhan ekonomi

  5. Sebagai indikator perekonomian negara

fungsi pasar modal yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan :

  1. Fungsi Ekonomi
    Fungsi ekonomi pada pasar modal adalah memberikan fasilitas memindahkan dana dari pihak yang kelebihan dana kepada pihak yang membutuhkan dana. Dari sisi yang kelebihan dana dari dana yang dimilikinya, mereka mengharapkan akan memeroleh imbalan atas dana yang mereka investasikan tersebut. Sedangkan dari sisi yang membutuhkan dana, tersedianya dana dari luar memungkinkan mereka melakukan investasi tanpa harus menunggu dana dari hasil oprasi perusahaan. Fungsi ekonomi ini juga sebenarnya dilakukan oleh lembaga intermediasi lainnya, seperti perbankan.

  2. Fungsi Keuangan
    Fungsi keuangan yang di lakukan pasar modal dengan menyediakan dana yang diperlakukan oleh pihak yang membutuhkan dana, dan para pihak yang kelebihan dana menyediakan dana tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva rill yang diperlukan untuk investasi tersebut.

Sedangkan fungsi pasar modal bagi pemerintah yaitu :

  1. Mendorong laju pembangunan.
  2. Mendorong investasi.
  3. Penciptaan lapangan kerja.
  4. Memperkecil Debt Service Ratio (DSR).
  5. Mengurangi beban anggaran bagi BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Pasar modal memiliki peran sekaligus kaitan yang penting dengan kegiatan ekonomi. Bahkan kegiatan ekonomi yang dimaksud ini pun dalam lingkup besar atau makro. Dimana pasar modal bertindak sebagai alat untuk mengalokasi sumber daya ekonomi secara optimal. Perusahaan yang memerlukan dana besar menjadikan pasar modal sebagai tempat memperoleh dana yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan perolehan dana dari perbankan. Hal tersebut dikarenakan mudahnya akses untuk memperoleh dana, juga biaya yang dikeluarkan untuk memeroleh dana tersebut relatif kecil.

Fungsi ekonomi yang terkandung dalam pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian bangsa. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan tempat atau fasilitas untuk mempertemuan dua pihak yang berkepentingan, yaitu investor sebagai pihak yang memiliki kelebihan dana dengan issuer sebagai pihak yang memerlukan dana. Issuer dalam hal ini entitas usaha atau perusahaan-perusahaan. Dengan adanya pasar modal, pihak investor yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan dana tersebut dengan harapan memperoleh imbalan (return) berupa dividen. Sedangkan pihak issuer yang membutuhkan dana dapat memanfaatkan dana dari investor tersebut untuk kepentingan investasi tanpa harus menunggu tersedianya dana dari kegiatan operasional perusahaan.

  2. Menjembatani secara langsung pihak pemilik modal (investor) guna kepentingannya memperoleh keuntungan dari kegiatan investasi. Investor dapat mengalokasikan dananya di pasar modal yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana. Selanjutnya perusahaan akan memberikan imbalan atas dana tersebut kepada investor. Di sinilah terjadi feedback atas kegiatan investasi.

  3. Memberikan fasilitas bagi perusahaan-perusahaan go public dalam memperoleh tambahan modal sehingga menjaga kestabilan tingkat likuiditas perusahaannya melalui penjualan sekuritas saham ataupun obligasi.

  4. Menyediakan fasilitas bagi perusahaan-perusahaan dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan perusahaan dan ekspansi usaha.

  5. Memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang sehingga menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional. Selain fungsi ekonomi, pasar modal juga memiliki fungsi keuangan. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan ketika pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan bagi pemilik dana untuk memperoleh imbalan (return) dengan cara berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lainnya. Jadi pasar modal menyediakan sarana bagi investor untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan investasinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko yang dipilih.

Peran Pasar Modal di Indonesia

Pasar modal yang ada di Indonesia memiliki peran sebagai berikut :

  1. Sebagai satu entitas usaha untuk memperoleh tambahan modal

  2. Sebagai sarana pemerataan pendapatan masyarakat

  3. Meningkatkan faktor produksi dengan modal yang diperoleh

  4. Meningkatkan produktifitas usaha

  5. Menyediakan lapangan pekerjaan

  6. Meningkatkan pendapatan pajak bagi negara