Apa saja fungsi gigi secara umum?

Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata.

Menurut B. Ginting, (1985) fungsi gigi adalah sebagai berikut :

  1. Alat untuk mengunyah makanan. Penghancur dan pelumatan dari makanan dalam mulut sangat perlu untuk membantu pencernakan.

  2. Alat untuk menjaga agar ucapan kata-kata tepat dan jelas. Jika seandainya gigi depan seseorang ada yang hilang atau berlubang yang besar antara dua gigi depan maka ucapan kata-katanya akan salah, atau kurang jelas. Misalnya akan sulit mengucap huruf S dan R.

  3. Alat untuk menjaga estetis (kecantikan). Pada jaman moderen ini estetis sangat di perhatikan terutama oleh kaum wanita. Gigi yang merongos akan menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya. Gigi yang berlapis, caling (gingsul), celah yang besar antara gigi-gigi depan juga akan merusak estetis seseorang.

Sedangkan menurut Djoned Soetatmo dan Yati K. Sumaryanto (1993) fungsi gigi adalah sebagai berikut :

  1. Alat pencernaan makanan. Gigi seri gunanya untuk memotong makanan, gigi taring gunanya untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah dan menghaluskan makanan.

  2. Membentuk wajah. Paras muka besar atau kecil dan rasa keindahannya ditentukan oleh bentuk-bentuk gigi atau keadaan letak-letak dari pada gigi geligi.

  3. Mengecap kata-kata. Susunan gigi yang teratur dan rapih sangat baik bagi sempurnanya ucapan-ucapan dari kata/kalimat. Gigi yang maju ke depan (merongos) akan memberikan suara berdisis.