Apa saja fungsi enzim dalam sistem pencernaan?

Apa saja fungsi enzim dalam sistem pencernaan ?

Apa saja fungsi enzim dalam sistem pencernaan ?

2 Likes

Sistem pencernaan atau sistem pencernaan adalah sistem organ dalam hewan multiseleluler yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrisi, serta mengeluarkan proses penerimaan tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lain sangat berbeda. Pada akhirnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terbagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung. Selanjutnya adalah proses penarikan sari-sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus (Irianto, 2012).

Menurut Ganong (1999), pencernaan bahan-bahan makanan utama merupakan proses yang teratur yang melibatkan kerja enzim-enzim pencernaan. Enzim-enzim dalam sativa, seperti yang telah disetujui di atas dan di atas, digunakan dalam mencerna karbohidrat dan lemak, enzim-enzim lambung mencerna protein dan lemak, enzim-enzim yang membantu dari eksokrin pankreas mencerna gula, protein, lemak, DNA, dan RNA.

Enzim-enzim lain yang melengkapi proses pencernaan ditemukan di dalam membran luminal dan sitoplasma sel-sel dinding usus halus. Kerja berbagai enzim tersebut diikuti oleh enzim asam hidroksida yang disekresikan lambung dan empedu yang disekresikan oleh hepar. Berikut daftar enzim menurut Ganong (1999) bersama fungsi katalitiknya:



image
image
image