Apa saja fungsi dilakukannya verifikasi Measurable Organization Value (MOV)?

Apa fungsi verifikasi MOV pada perusahaan/organisasi, serta kapan verifikasi MOV dilakukan? Perlukah setiap organisasi melakukan verifikasi MOV?

1 Like

Untuk mendapatkan persetujuan proyek kita dengan stakeholder yang terlibat pada proyek tersebut, maka verifikasi dari MOV diperlukan. Verifikasi MOV berfungsi untuk memastikan bahwa MOV tersebut akurat dan realistis untuk mendukung business case. Manajer proyek tidak diperbolehkan untuk mengizinkan MOV yang tidak realistis. Karena business case harus menyajikan penilaian cost-benefit yang pasti, realistis dan konsisten, maka MOV tidak boleh sembarangan dibuat. Verifikasi MOV dilakukan saat penyusunan MOV untuk business case sudah selesai.

Apakah semua organisasi atau perusahaan perlu melakukan verifikasi MOV? Jika perusahaan tersebut menggunakan business case untuk proyek yang akan mereka lakukan, maka pastinya, verifikasi MOV harus dilakukan, karena menetapkan MOV adalah salah satu langkah dalam membuat business case, sehingga, otomatis verifikasi MOV harus dilakukan.

Sources

  • Marchewka, Jack .T.2009.Information Technology Project Management - Third Edition.John Wiley & Sons

Verifikasi digunakan untuk mempertimbangkan pengaruh pembuatan proyek terhadap organisasi atau perusahaan. Semua Measurable Organisation Value harus dapat diverifikasi. Jika kegiatan proyek berkontribusi terhadap hasil yang diinginkan, atau manfaat yang disepakati, proyek dianggap berhasil. Tim memverifikasi MOV pada kesimpulan proyek dan, pada saat itu, mengklasifikasikan proyek tersebut sebagai keberhasilan atau kegagalan. Sehingga adanya verifikasi MOV sangatlah penting, karena untuk mengetahui seberapa berhasilnya sebuah proyek yang sedang dkerjakan.

Referensi :

https://bizfluent.com/info-8352967-measurable-organizational-values.html

Jadi, fungsi dari MOV sendiri yaitu untuk menyatakan proyek harus dapat diukur, memberikan nilai dan manfaat bagi organisasi, dan sudah disepakati serta dapat diverifikasi. Nah, disini verifikasi juga bermaksud mendapatkan persetujuan dari para stakeholder proyek. Untuk menentukan apakah proyek tersebut berhasil atau tidak, ditentukan oleh seberapa akurasi dan realistis MOV tersebut. dilakukan ketika perusahaan akan melakukan investasi pada suatu proyek, yang kemudian akan diverifikasi untuk mengertahui dan mengukur apakah investasi yang dilakukan perusahan tadi berhasil atau tidak. Dalam mengembangkan MOV memerlukan hubungan pekerjaan antara project manager dan sponsor. Project Manager bertanggung jawab untuk memandu / mengarahkan proses yang berlangsung, sedangkan sponsor harus mengidentifikasi nilai dan metrik target. Maka dari itu setiap organisasi yang akan berinvestasi harus melakukan verifikasi.

Sumber :
octaviontjia.blog.binusian.org/files/2014/05/Paper-Totolan-6.doc

Measurable Organization Value (MOV) merupakan tujuan keseluruhan yang ingin dicapai dari suatu proyek dan mengukur kesuksesan proyek tersebut(Billows 1996; Smith 1999).

Verifikasi pada Measurable Organization Value digunakan untuk meyakinkan para stakeholder proyek bahwasannya di tahap ini dipastikan bahwa MOV yang ditentukan akurat dan realistis. Dalam mengembangkan MOV memerlukan hubungan pekerjaan antara project manager dan sponsor. Maka dari itu, fungsi verifikasi pada tahap ini juga menjadi ajang untuk melakukan hubungan pendekakatan antara kedua belah pihak. Project Manager bertanggung jawab untuk memandu / mengarahkan proses yang berlangsung, sedangkan sponsor harus mengidentifikasi nilai dan metrik target.

MOV diperlukan karena untuk menjalin kerjasama antara organisasi atau perusahaan untuk tetap eksis didalam kompetisi proses bisnis yang ada. Adanya MOV juga memberikan banyak dukungan yang diperlukan untuk organisasi atau perusahaan.

Sumber :

http://octaviontjia.blog.binusian.org/files/2014/05/Paper-Totolan-6.docx

http://scdc.binus.ac.id/bslc/2016/05/ringkasan-uts-managemen-proyek/