Apa saja fungsi dari Web Server?


Fungsi utama dari web server adalah untuk melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache.

Apa saja fungsi dari Web Server ?

Server Web tidak berfungsi secara independen. Ini menyimpan dan bertukar data dengan mesin lain. Dengan demikian minimum dua peserta diminta untuk bertukar informasi. Seorang klien akan meminta informasi dan server akan menyimpan informasi itu di dalamnya.

Setiap pihak membutuhkan perangkat lunak untuk bertukar data. Sejauh menyangkut klien, ia harus menggunakan browser Web seperti Internet explorer, Mozilla, Netscape, dll. Di sisi server, berbagai perangkat lunak tersedia. Jenis perangkat lunak server apa yang dapat Anda jalankan tergantung pada Sistem Operasi yang dipilih untuk server.

Sebagai contoh, Microsoft Internet Information Server adalah pilihan populer untuk Windows NT, sedangkan mereka yang lebih suka Unix memilih server Web Apache.

Komunikasi antara mesin klien dan server Web terjadi sebagai berikut:

  1. Browser klien membagi URL menjadi beberapa bagian termasuk alamat, nama jalur, dan protokol.

  2. Domain Name Server menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sesuai. Kombinasi angka ini menunjukkan alamat sebenarnya situs di Internet.

  3. Browser sekarang memutuskan protokol mana yang harus digunakan. Protokol, dalam bahasa umum, adalah bahasa yang digunakan mesin klien untuk berkomunikasi dengan server. FTP (File Transfer Protocol), HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), dll. Adalah beberapa protokol semacam itu.

  4. Server mengirimkan permintaan GET ke Server Web untuk mengambil alamat yang telah diberikan. Ini memverifikasi bahwa alamat yang diberikan ada, menemukan file yang diperlukan, menjalankan skrip yang sesuai, menukar cookie jika perlu, dan mengembalikan hasilnya ke browser.

  5. Browser sekarang mengubah data menjadi HTML dan menampilkan hasilnya kepada pengguna. Jika server tidak dapat menemukan file, server mengirim pesan kesalahan ke browser dan akhirnya ke klien.

Proses ini berlanjut untuk setiap permintaan yang dikirim oleh browser dan sampai browser klien meninggalkan situs.

Selain itu server Web juga memiliki sejumlah tanggung jawab tambahan. Sedangkan browser Web hanya menerjemahkan dan menampilkan data yang diumpankan, server Web harus membedakan antara berbagai kesalahan dan tipe data.

Server Web harus, misalnya, menentukan kode yang tepat untuk segala jenis kesalahan internal dan mengirimkannya kembali ke browser segera setelah itu terjadi. Itu juga harus membedakan antara berbagai elemen atau tipe file pada halaman Web (seperti GIF, JPEGS, file audio atau video langsung, dll.) Sehingga browser tahu file mana yang disimpan dalam format apa.

Bergantung pada fungsi situs, server Web mungkin juga memiliki banyak tugas tambahan untuk ditangani, termasuk mencatat statistik, menangani keamanan dan enkripsi, menyajikan gambar untuk situs lain (untuk spanduk, gambar, dll.), Menghasilkan konten dinamis, atau mengelola e-commerce fungsi.

Sumber

https://www.eukhost.com/blog/webhosting/how-a-web-server-functions/

Web server adalah software yang memberikan layanan data yang mempunyai fungsi untuk menerima permintaan HTTP (HyperText Transfer Protocol) atau HTTPS yang dikirim oleh klien melalui web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web
yang umumnya berbentuk dokumen HTML (HyperText Markup Language). Web server berguna sebagai tempat aplikasi web dan sebagai penerima request dari client (Indra Warman & Zahni, 2013). Pada umumnya web server telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan web server menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) dan ASP(Active
Server Pages).

image

fungsi Web server adalah sebagai protokol HTTP atau HTTPS dari client menggunkan aplikasi web browser untuk request data dan server akan mengirim data dalam bentuk halaman web dan pada umumnya berbentuk dokumen HTML. Halaman web yang diminta bisa terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.

Salah satu program dari Web Server adalah Apache. Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX, untuk saat ini telah tersedia apache yang didesai untuk sistem operasi lainnya. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya. Aplikasi lain yang memiliki fungsi sebagai web server diantaranya, apache Tomcat, Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS), Lighttpd, Sun Java System Web Server, Xitami Web Server, dan Zeus Web Server.

Ringkasan

Xiuquan Qiao, Guoshun Nan, Wei Tan, Lei Guo, Junliang Chen, Wei Quan, Yukai Tu, “CCNxTomcat: An extended web server for Content-Centric Networking”, Computer Networks, Volume 75, Part A, 24 December 2014, Pages 276-296