Apa saja fungsi dari kelekatan?

Kelekatan keluarga

Kelekatan (attachment) mamberikan banyak manfaat bagi individu, seperti menumbuhkan perasaan trust dalam interksi sosial di masa depan dan menumbuhkan perasaan mampu (Blatt, 1996). Lalu Apa saja fungsi dari kelekatan ?

Secara umum kelekatan ( attachment ) memiliki empat fungsi utama (Davies, 1999), yaitu :

  1. Memberiakan rasa aman
    Saat individu berada dalam suasana penuh tekanan, kehadiran figur kelekatan ( attachment ) dapat memulihkan perasaan individu kembali kepada perasaan aman.

  2. Mengatur keadaan perasaan ( regulation of affect and arousal )
    Arousal adalah perubahan keadaan subjektif seseorang yang disertai reaksi fisiologis tertentu. Apabila peningkatan arousal tidak diikuti dengan relief (pengurangan rasa takut, cemas, atau sakit) maka individu rentan untuk mengalami stres. Kemampuan figur kelekatan ( attachment ) untuk membaca perubahan keadaan individu dapat membantu mengatur arousal dari individu yang bersangkutan.

  3. Sebagai saluran ekspresi dan komunikasi
    Kelekatan ( attachment ) yang terjalin antara individu dengan figur kelekatan ( attachment- nya) dapat berfungsi sebagai wahana untuk berekspresi, berbagai pengalaman, dan menceritakan perasaan.

  4. Sebagai dasar untuk melakukan eksplorasi kepada lingkungan sekitar
    Kelekatan ( attachment ) dan perilaku eksploratif bekerja secara bersamaan. Individu yang mendapatkan secure attachment akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya atau pun suasana yang baru karena individu percaya bahwa figur kelekatannya ( attachment ) sungguh-sungguh bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu atas diriya.

Simpson (Langer, 2004) menyebutkan manfaat lain dari kelekatan ( attachment ), yaitu dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam membina hubungan dengan orang lain, seperti aspek kepuasan, kedekatan, dan kemampuan.