Apa saja fungsi dan tujuan dari pasar uang atau valuta asing ?

Pasar uang

Apa saja fungsi dan tujuan dari pasar uang atau valuta asing ?

Berikut ini beberapa fungsi dan tujuan dari adanya pasar uang:

  1. Sebagai sumber dari pembiayaan modal kerja serta investasi berjangka pendek untuk perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspansi usaha.

  2. Sebagai fasilitator dan mediator untuk para pemilik dana (investor) yang berasal dari luar negeri yang ingin juga melakukan investasi dengan melakukan pinjaman dana jangka pendek kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

  3. Sebagai mediator untuk menghimpun dana-dana masyarakat yang berbentuk transaksi perdagangan berupa surat-surat berharga yang berjangka pendek.

  4. Menawarkan agar masyarakat dapat ikut andil pada pembelian sertifikat BI (Bank Indonesia) dan surat-surat berharga pasar uang lainnya.

Fungsi pasar valuta asing di antaranya adalah:

  1. Mempermudah pertukaran valuta asing (valas) serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lain sehingga memungkinkan terjadinya kliring internasional;

  2. Sebagai penyedia kredit, artinya pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit;

  3. Membatasi risiko, artinya pada pasar valuta asing memungkinkan dilakukannya hedging (membatasi risiko terhadap kemungkinan perubahan harga);

  4. Spekulasi, artinya pada pasar valuta asing orang dapat melakukan spekulasi menerima bahkan mencari risiko dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Referensi

Ismawanto. 2009. Ekonomi 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.