© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja Fungsi dan Peran Media Massa?

Media massa adalah sarana untuk menyampaikan isi pesan, pernyataan, informasi yang bersifat umu, kepada sejumlah orang yang jumlahnya relatif besar, tinggalnya tersebar, heterogen, anonim, tidak terlembagakan, perhatiannya terpusat pada isi pesan yang sama yaitu pesan dari media massa yang sama, dan tidak dapat memberikan arus balik secara langsung pada saat itu.

Apa saja fungsi dan peran Media Massa ?

Media massa merupakan sebuah institusi yang memiliki serangkaian kegiatan produksi budaya dan informasinya dilaksanakan oleh berbagai tipe ‘komunikator massa’ untuk disalurkan kepada khalayak sesuai dengan peraturan dan kebiasaan yang berlaku (Mosco, 1996).

McQuail (1996) mengungkapkan dua asumsi dasar mengenai media massa, yaitu :

  • Asusmsi pertama, institusi media menyelenggarakan produksi, reproduksi, dan distribusi pengetahuan dalam pengertian serangkaian simbol yang mengandung acuan bermakna tentang pengalaman dalam kehidupan sosial.

    Pengetahuan tersebut membuat kita mampu untuk memetik pelajaran dari pengalaman, membentuk persepsi kita terhadap pengalaman itu, dan memperkaya khasanah pengetahuan masa lalu.

  • Asumsi kedua, media massa memiliki peran mediasi antara realitas yang obyektif dan pengalaman pribadi. Media massa seringkali berada di antara kita dengan bagian pengalaman lain yang berada di luar persepsi dan kontak langsung kita.

Charles Wright menggambarkan empat fungsi dasar media massa (Ruben,1992) yaitu:

  1. Pengamat lingkungan (Surveillance)
    Media memberikan pesan-pesan secara terus menerus melalui pemberitaan mereka yang memungkinkan anggota masyarakat menyadari perkembangan lingkungan yang dapat mempengaruhi mereka. Pengamat lingkungan juga memiliki fungsi pengawasan, yang memperingatkan masyarakat akan bahaya, misalnya angin topan atau polusi udara dan air.

  2. Korelasi (Correlation)
    Media massa menghubungkan dan mengartikan pesan tentang peristiwa yang sedang terjadi. Fungsi korelasi membantu khalayak masyarakat menentukan relevansi berbagai informasi pengawasan apa yang berguna bagi mereka.

  3. Sosialisasi (Socialization)
    Sebagian merupakan fungsi pengamat lingkungan dan korelasi; komuniasi melalui media massa mensosialisasikan individu-individu untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Media massa memberikan berbagai pengalaman yang umum, harapan-harapan yang sama, perilaku yang sesuai maupun yang tidak sesuai, dan mengkontribusikan berbagai kreasi kebudayaan umum dan konsensus kebudayaan. Komunikasi dalam media massa juga memainkan sebuah peran penting dalam mentransmisikan warisan kebudayaan dari generasi ke generasi.

  4. Hiburan (Entertainment)
    Media massa adalah sumber yang dapat menyediakan hiburan massa dan menyediakan hiburan dasar, serta menyiarkannya bagi khalayak masyarakat.

Wilbur Schramm dalam bukunya Responsibility in Mass Communication melengkapi pendapat Charles Wright dengan menambahkan fungsi media sebagai ajang promosi (to sell goods for us) (Schramm, 1975). Jika dikaitkan dengan fungsi politisnya, maka media dapat juga berfungsi untuk mempromosikan seorang figur tokoh politik kepada khalayak.

Walter Lippman menyebutkan fungsi media sebagai pembentuk makna di mana interpretasi media massa akan berbagai peristiwa secara radikal dapat mengubah interpretasi orang tentang suatu realitas dan pola tindakan mereka. Lippmann menyadari bahwa fungsi media sebagai pembentuk gambaran realitas yang sangat berpengaruh terhadap khalayaknya

Fungsi utama media massa menurut Harold D. Laswell adalah:

  • The Surveillance of the environment . Artinya, media massa mempunyai fungsi sebagai pengamat lingkungan, atau dalam bahasa sederhana, sebagai pemberi informasi tetang hal-hal yang berada diluar jangkauan penglihatan kepada masyarakat luas.

  • The correlation of the parts of society in responding to the environment , artinya media massa berfungsi untuk melakukan seleksi, evaluasi dan interpretasi dari informasi. Dalam hal ini peranan media massa adalah melakukan seleksi mengenai apa yang perlu dan pantas untuk disiarkan. Pemilihan dilakukan oleh editor, reporter, redaktur yang mengelola media massa.

  • The transmission of the social heritage from one generation to the next . Artinya, media massa sebagai sarana untuk menyampaika nilai dan warisan sosial budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Umumnya secara sederhana fungsi media massa ini dimaksudkan sebagai fungsi pendidikan ( educational function of mass media ).