Budaya organisasi merupakan nilai-nilai yang menjadi pedoman sumber daya manusia untuk menghadapi permasalahan eksternal dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam perusahaan sehingga masing-masing anggota organisasi harus memahami nilai-nilai yang ada dan bagaimana mereka harus bertindak atau berperilaku.
Apa saja fungsi budaya organisasi bagi perusahaan ?
Budaya organisasi, perusahaan, dalam paradigma baru, memiliki 3 fungsi utama didalam perusahaan, yakni :
Alat untuk mencapai tujuan pengembangan usaha
Pengembangan SDM agar semakin berkualitas
Sebagai andalan daya saing perusahaan.
Menurut Hutagaol (2002), menyatakan bahwa banyak keuntungan bila perusahaan memiliki budaya perusahaan yang kuat, adaptif dan kompetitif. Diantaranya yang berhubungan dengan sumber daya manusia adalah :
Budaya perusahaan mampu meningkatkan produktifitas dan kreatifitas
Budaya perusahaan memotivasi pegawai mencapai prestasi tertinggi dan rasa memiliki (sense of belonging) sehingga tanggung jawab moral terjamin, pertumbuhan dan perkembangan perusahaan menjadi tanggung jawab bersama.