Apa saja fungsi budaya organisasi bagi perusahaan ?

Budaya organisasi

Budaya organisasi merupakan nilai-nilai yang menjadi pedoman sumber daya manusia untuk menghadapi permasalahan eksternal dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam perusahaan sehingga masing-masing anggota organisasi harus memahami nilai-nilai yang ada dan bagaimana mereka harus bertindak atau berperilaku.

Apa saja fungsi budaya organisasi bagi perusahaan ?

Budaya organisasi, perusahaan, dalam paradigma baru, memiliki 3 fungsi utama didalam perusahaan, yakni :

  • Alat untuk mencapai tujuan pengembangan usaha
  • Pengembangan SDM agar semakin berkualitas
  • Sebagai andalan daya saing perusahaan.

Menurut Hutagaol (2002), menyatakan bahwa banyak keuntungan bila perusahaan memiliki budaya perusahaan yang kuat, adaptif dan kompetitif. Diantaranya yang berhubungan dengan sumber daya manusia adalah :

  • Budaya perusahaan mampu meningkatkan produktifitas dan kreatifitas

  • Budaya perusahaan memotivasi pegawai mencapai prestasi tertinggi dan rasa memiliki (sense of belonging) sehingga tanggung jawab moral terjamin, pertumbuhan dan perkembangan perusahaan menjadi tanggung jawab bersama.