Apa saja film yang paling mahal biaya produksinya?

Film

Film biasanya dibuat menggunakan budget yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan hasil yang diperoleh. Film apa yang menjadi film termahal ?

Film termahal saat ini masih dipegang film berjudul War and Peace yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Leo Tolstoy.

War and Peace

Film ini difilmkan oleh Mosfilm studio Russia, dengan biaya US$100 juta. Karena inflasi biayanya membengkak jadi US$700 juta. Itu termasuk yang dialokasikan untuk megerahkan tentara sungguhan sebanyak 120.000 orang yang disiapkan untuk adegan peperangan besar. Film ini tercatat dalam Guinness Book of World Record sebagai film dengan pemain terbanyak. Film ini selesai tahun 1963 tapi baru ditayangkan tahun 1968.

War and Peace

War and Peace (bahasa Rusia: Война́ и мир, trans. Voyna i mir) adalah sebuah adaptasi film Soviet dari novel Leo Tolstoy War and Peace, yang dirilis dalam empat bagian pada 1966 dan 1967. Sergei Bondarchuk menyutradarai serial tersebut, bekerja sama menulis naskah dan memerankan peran utama dari Pierre Bezukhov, bersama dengan Vyacheslav Tikhonov dan Ludmila Savelyeva, yang memerankan Pangeran Andrei Bolkonsky dan Natasha Rostova.

Film tersebut dibuat oleh studio-studio Mosfilm antara 1961 dan 1967, dengan dukungan dari pemerintah. Dengan biaya sejumlah 8,291,712 rubel Soviet – yang setara dengan 9,213,013 dolar AS pada 1967, atau $67 juta pada 2011, berdasarkan pada inflasi rubel – film tersebut adalah sebuah film paling menghabiskan biaya yang pernah dibuat di Uni Soviet. Setelah perilisannya, film tersebut berhasil menjual sekitar 135 juta tiket di negara asalnya. War and Peace juga memenangkan Grand Prix di Festival Film Internasional Moskow, Penghargaan Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dan Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

10. Titanic (1997)


Titanic

Sutradara: James Cameron
Biaya produksi: $ 200 juta USD

Biaya untuk membangun set Titanic saja antara $120 hingga $150 juta (dalam dolar 1997). Titanic menjadikan biaya produksinya yang besar sebagai bagian dari kampanye pemasarannya.

9. King Kong (2005)


King Kong

Sutradara: Peter Jackson
Biaya produksi: $ 207 juta USD

Sebagian besar uang dihabiskan untuk adegan King Kong itu sendiri. Selain itu, pembuatan film King Kong menjadi jauh lebih lama dibandingkan dengan yang telah diperkirakan (sebagian besar karena efek khusus yang diperlukan untuk animasi komputer), sehingga meningkatkan anggaran sebesar sepertiganya.

Untungnya, ketika dirilis pada tahun 2005, film ini menghasilkan total $550 juta dan menjadi film tertinggi keempat pada pendapatan kotor dalam sejarah Universal Pictures.

8. Avatar (2009)


Avatar

Sutradara: James Cameron
Biaya produksi: $ 237 juta USD

Film ini tidak murah karena efek khusus dan menggunakan 3D super-ramping. Setiap frame tunggal membutuhkan waktu mengerjekalan selama sembilan puluh jam, sehingga menciptakan CGI canggih seperti yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu, menciptakan bahasa baru dan mengajarkannya kepada lebih dari 100 aktor, merekrut nama-nama besar dan penulis naskah yang hebat dan mapan menambah biaya produksi yang sudah sangat besar.

7. Spectre (2015)


Spectre

Sutradara: Sam Mendes
Biaya produksi: $ 245 juta USD

Produsen film ini melaporkan bahwa membutuhkan penghasilan sekitar $650 juta USD hanya untuk mencapai titik impas, dimana dana yang besar tersebut, selain untuk proses pembuatan film itu sendiri,juga dibutuhkan untuk biaya pemasaran. Pada saat itu, hanya satu film Bond, Skyfall yang pernah mencapai pendapatan sebesar itu.

6. Avengers: Age of Ultron (2015), Harry Potter and the Half-Blood Prince, Batman v. Superman: Dawn of Justice, The Hobbit: Battle of the Five Armies, The Dark Knight Rises


Sutradara: Joss Whedon, David Yates, Zach Snyder, Peter Jackson, Christopher Nolan
Biaya produksi: $ 250 juta USD

Anggaran Age Of Ultron menggelembung setelah para pemain mengancam akan berhenti jika tuntutan kontrak mereka tidak terpenuhi, yang semuanya dilaporkan meminta gaji $5 juta di atas meja dan persentase keuntungan pasca-rilis. Pendapatan Age Of Ultron sendiri hampir $1,3 miliar di seluruh dunia, sehingga pengeluaran sebesar itu tampaknya tidak menjadi masalah.

Fakta bahwa Harry Potter : The Half-Blood Prince adalah film yang paling mahal dari seri Harry Potter. Permasalahan utamanya adalah adalah film tersebut merupakan film yang paling tidak disukai oleh penggemar dan kritikus. Uang tidak selalu membuat film menjadi lebih baik. Walaupun banyak mendapatkan kritik, pendapatan film ini tetaplah sangat besar, $302 juta di dalam negeri dan $632 juta di luar negeri dengan total seluruh dunia $934 juta di seluruh dunia.

5. Spider-Man 3 (2007)


Spider-Man 3

Sutradara: Sam Raimi
Biaya produksi: $ 258 juta USD

Biaya produksi sebesar itu digunakan untuk biaya CGI, potongan-potongan web-slinging, gaji bintang dan - tentu saja - biaya kampanye pemasaran dan promosi.

Sayangnya, pendapatan Spider-Man 3 tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

4. Tangled (2010)


Tangled

Sutradara: Nathan Greno, Byron Howard
Biaya produksi: $ 260 juta USD

Biaya produksi Tangled menjadi sangat mahal karena waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan cerita dengan benar. Butuh sekitar sepuluh tahun dan upaya beberapa kali untuk membuat cerita ini. Selain itu, butuh biaya penelitian untuk mengembangkan proses animasi yang memungkinkan CGI untuk membangkitkan beberapa kualitas karakter Disney.

3. John Carter (2012)


John Carter

Sutradara: Andrew Stanton
Biaya produksi: $ 263 juta USD

Biaya John Carter sungguh merupakan hal yang konyol. Film ini membuat Disney rugi sekitar $200 juta dan menjadikannya sebagai kegagalan terbesar perusahaan sepanjang masa. Rich Ross - mantan ketua Walt Disney Studios - memutuskan untuk mengundurkan diri hanya sebulan setelah film dirilis.

2. Waterworld (1995)


Waterworld

Sutradara: Kevin Reynolds
Biaya produksi: $ 271 juta USD

Film Kevin Costner yang dibintanginya pada tahun 1995 adalah film paling mahal yang pernah diproduksi pada saat itu. Costner menginvestasikan lebih dari $ 20 juta dana pribadinya ke dalam film yang pengambilan gambarnya dilakukan di atas atol raksasa setinggi 400 kaki, yang dibangun khusus di suatu tempat di lepas pantai Hawaii.

Terlepas dari latar Waterworld yang futuristik, para kritikus pada umumnya tidak terkesan oleh penampilan pada film tersebut. Film ini hanya menghasilkan pendapatan sebesar $88 juta di AS, dan menjadikannya salah satu film dengan kegagalan terbesar dalam sejarah.

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)


Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Sutradara: Rob Marshall
Biaya produksi: $ 397 juta USD

Film ini menjadi film termahal karena biaya yang dikeluarkan untuk membayar bintang-bintang besar dan proses animasi komputer yang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Gaji yang harus dibayarkan kepada Jhony Depp sendiri sebesar $55 juta USD. Gaji yang sangat fantastis untuk biaya aktor dalam satu film.

Film merupakan sebuah proyek yang juga memerlukan biaya pembuatan. biaya pembuatan memang tidak selalu menentukan kualitas film tetapi banyak film yang bagus terbukti menggunakan biaya yang juga fantastis. contohnya dua film ini :

“Avatar” (2009)
Biaya produksi: Rp 3,6 triliun

“Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest” (2006)
Biaya produksi: Rp 3,6 triliun

Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest

Memakan biaya yang tidak sedikit film ini mampu mengemparkan dunia dan memperoleh banyak penonton.

Selain dua film itu menurut saya film yang populer dan memakan biaya mahal adalah sebagai berikut :

“Pirates of the Caribbean: At World’s End” (2007)
Biaya produksi: Rp 4,6 triliun

“Cleopatra” (1963)
Biaya produksi: Rp 4,6 triliun
Cleopatra

“Titanic” (1997)
Biaya produksi: Rp 4 triliun

Menurut Bookmyshow Film Termahal yaitu “Pirates of the Caribbean: At World’s End” (2007) Biaya produksi: Rp 4,6 triliun dan disusul Cleopatra” (1963) dengan biaya kurang lebih sama.

Film dengan biaya produksi mahal memang belum bisa menjamin bakal menghasilkan film bagus dan menguntungkan.