Apa saja festival yang akan berlangsung selama bulan April ini?

Selama April akan ada festival-festival menarik yang dapat Anda kunjungi. Apa saja festival yang akan berlangsung selama bulan April ini?

Berikut ini festival yang akan berlangsung selama Apil:

  1. Exciting Banten Festival
    Exciting Banten Festival akan diselenggarakan pada 30 April 2018. Exciting Banten Festival merupakan upacara Seba yang selalu dilaksanakan setiap tahun. Seba adalah upacara menyerahkan hasil tani atau bumi kepada pemerintah setempat. Tradisi Seba mulai dilakukan sekitar 1526 pada masa Kesultanan Banten. Upacara Seba menandai musim panen yang sudah selesai dan menjalani ritual Kawalu selama tiga bulan. Saat ritual Kawalu, masyarakat Baduy puasa dan berdoa kepada Tuhan untuk keselamatan hidup dan daerah mereka.

  2. Festival Tambora
    Festival Tambora berlangsung pada 9-11 April 2018. Festival Tambora pertama kali diselenggarakan pada 2015 untuk memperingati 200 tahun ledakan Tambora. Festival selalu meriah, tahun ini akan ada banyak acara yang diselenggarakan seperti Tambora Challenge lari 320 kilometer dengan mengambil start dari Sumbawa Barat dan finish di Doro Canga, Kabupaten Dompu. Surfing di Pantai Lakey, kegiatan kebudayaan di Pekat Tambora, Sangiang di Kabupaten Bima, dan Wisata ziarah ke Makam Kuno Sanggar. Selain itu, ada atraksi paralayang, Barapan Kebo, workshop koreografi di Istana Asi Mbojo-Kota Bima, lomba mancing mania, festival kopi Tambora, trail adventure, sepeda gunung, memancing, paramotor, dan kegiatan lainnya.

  3. Jakarta Fashion and Food Festival
    Jakarta Fashion and Food Festival akan diselenggarakan pada 5-6 April 2018 di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Acara akan menampilkan budaya Indonesia, khususnya di bidang fashion dan kuliner. Acara fashion akan menampilkan ragam kekayaan budaya Indoesia melalui mode. Para desainer akan memamerkan koleksi terbaru busana. Sedangkan acara kuliner akan menyuguhkan kuliner tradisional.

  4. Bali Spirit Festival
    Bali Spirit Festival digelar pada 2-8 April 2018 dan dipusatkan di Bhanuswari Resort and Spa. Acara ini merupakan tahun kesebelas pelaksanaan BaliSpirit Festival. Acara akan dimeriahkan dan dihadiri oleh musisi-musisi terkenal dunia, para pencinta yoga dan penari dari seluruh dunia. Festival akan menyelenggarakan lokakarya, seminar interaktif, kelas yoga, dan konser bakti dan musik live di antara sawah-sawah yang indah.

Sumber: