Apa saja festival aneh di dunia yang patut masuk daftar traveling?

Menikmati indahnya sebuah negara tidak melulu tentang menengok eksotisnya panorama alam, birunya lautan hingga megahnya bangunan. Akan tetapi, kamu juga bisa menikmati cantiknya destinasti wisata tersebut melalui tradisi dan festival-festival aneh yang dimilikinya. Apa saja festival aneh di dunia yang patut masuk daftar traveling?

Berikut beberapa festival aneh di dunia yang patut masuk daftar traveling kamu:

  1. Thaipusam, The Hindu Piercing Festival
    Thaipusam, merupakan sebuah festival unik yang diadakan oleh umat hindu suku tamil untuk tujuan memperingati hari kelahiran Dewa Murugan serta permohonan ampun atas dosa-dosa yang selama ini telah mereka perbuat. Festival ini menjadi terkenal akibat dari pesertanya yang melakukan berbagai hal ekstrem, seperti menindik bagian tubuhnya hingga konon meneteskan darah. Dan untuk kamu yang ingin melihatnya, festival ini diadakan setahun sekali pada bulan purnama dalam kalender Tamil, yang berarti terjadi sekitar bulan Januari atau Februari yang berlokasi di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan India yang memiliki banyak umat hindu suku tamil.

  2. Boryeong Mud Festival, Korea Selatan
    Dari berbagai festival unik yang ada di Korea Selatan, Festival Lumpur Boryeong merupakan salah satu festival yang berhasil menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang. Selain terdapat berbagai aktifitas seru seperti gulat lumpur dan bermain seluncuran di lumpur. Lumpur di Pantai Boryeong sendiri dipercaya memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat sekali untuk kulit, dan jika kamu berminat untuk ikut serta. Kamu bisa pergi ke Pantai Boryeong, Korea Selatan pada musim panas bulan Juli.

  3. La Tomatina, Spanyol
    Berawal dari tradisi turun-temurun, kini La Tomatina telah menjelma menjadi sebuah festival meriah yang telah berhasil diikuti oleh kurang lebih 20.000 peserta per tahunnya. Menggunakan tomat busuk hingga puluhan ton, para peserta festival dibebaskan melempar tomat ke arah manapun yang mereka sukai dengan catatan tomat harus diremas terlebih dahulu. Festival yang mulai ada sejak tahun 1945-an ini sendiri berlokasi di kota kecil bernama Bunol, Spanyol dengan harga tiket sebesar 10 Euro dan diadakan setiap hari rabu terakhir di bulan Agustus.

  4. Saidai-ji Eyo Hadaka Festival, Jepang
    Seperti namanya, festival ini sendiri setiap tahunya selalu diadakan di sebuah kuil yang bernama Saidaiji. Secara kasar, festival ini lebih terkenal dengan sebutan festival Naked Men atau pria telanjang. Meskipun sebenarnya para peserta tidak benar-benar telanjang. Diikuti oleh kurang lebih 9.000 pria, festival ini merebutkan sekitar 100 buah batang bambu suci yang dilempar oleh seorang biksu dari sebuah jendela kecil. Konon katanya siapapun yang berhasil mendapatkan batang bambu tersebut akan mendapatkan keberuntungan, lokasi kuil ini sendiri berada di Okayama, Jepang.

  5. The Bog Snorkling, Wales
    Bila wajarnya aktifitas snorkling diadakan di laut! Berbeda halnya dengan The Bog Snorkling, acara unik ini diadakan di sebuah parit yang mempunyai air cukup dalam. Memiliki lintasan sepanjang kurang lebih 55 meter, festival tersebut mampu menarik minat wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya. Selain lokasi acaranya yang unik, para pesertanya pun juga mengenakan kostum yang nyentrik pula, untuk letaknya sendiri berada di sebuah kota kecil bernama Llanwrtyd Wells, Wales.

Sumber: