Apa saja faktor yang perlu diperhatikan untuk pemupukan tanaman hias?

Pemupukan merupakan salah satu kegiatan dari pemeliharaan tanaman. Akan tetapi, jenis, dosis, waktu, dan cara pengaplikasian pupuk yang baik sangat diperlukan agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik.

Mohon infonya rekan-rekan, untuk jenis, dosis, waktu, dan cara pengaplikasian pupuk yang baik pada tanaman hias seperti apa ya? Terima kasih.

3 Likes

Pupuk adalah senyawa yang mengandung unsur hara yang diberikan pada tanaman. Maksud pemberian pupuk adalah untuk memberikan unsur hara secara langsung atau tidak langsung pada tanaman. Pupuk biasanya diberikan sebagai pupuk dasar atau pupuk susulan yang dapat diberikan pada tanah atau lewat daun atau bagian tanaman lain.

Untuk mendapatkan efisiensi pemupukan yang tinggi, terdapat faktor-faktor yang harus diperhatikan yaitu: Sifat tanah, kebutuhan tanaman, dosis pemupukan, waktu pemupukan dan cara pemberian pupuk.

Sebagai pupuk dasar bisa digunakan pupuk kandang atau kompos, sedangkan untuk pupuk susulan dapat menggunakan pupuk NPK yang diberikan 2 - 3 kali selama pertumbuhannya. Pupuk alam / pupuk organik diberikan beberapa waktu sebelum tanaman ditanam karena pupuk tersebut merupakan pupuk tanah yang dapat memperbaiki struktur tanah, sedangkan pupuk anorganik/pupuk buatan dapat dipergunakan sesuai dengan keperluan dan diberikan sesuai tujuan.

Berdasarkan sifat bekerjanya pupuk, terdapat pupuk yang kerjanya lambat, sedang dan cepat. Pupuk yang bekerja lambat diberikan sebelum tanaman ditanam, yang bekerja cepat sesudah tanaman ditanam dan yang sedang dapat sebelum/sesudah tanaman ditanam. Pupuk harus dipergunakan secara tepat karena bila tidak tepat akan merugikan, sehingga dalam hal ini perlu diperhatikan dosis yang diberikan dan caranya. Cara pemupukan dapat dilakukan dengan langsung menaburkan ke permukaan tanah kemudian disiram atau diaduk dan dicampur dengan tanah.

Referensi

Widyastuti, I. 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis . Yogyakarta: Mine.

Sebenarnya tergantung tanaman hias apa yang dimaksud. Kebutuhan tiap-tiap tanaman berbeda. Namun, secara umum yang saya tahu tanaman hias diletakkan di tempat yang terang (tidak terkena sinar matahari langsung). Penyiraman dilakukan rutin tiap hari pagi atau sore hari. Pemupukan 1 bulan sekali dan seperlunya saja. Semoga bermanfaat