Apa saja faktor yang mempengaruhi User Experience?

User Experience (UX) sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan suatu produk di pasar namun apa yang kita maksud dengan UX? Seringkali orang dibingungkan antara UX dengan Usability yang menjelaskan tentang seberapa mudah sebuah produk digunakan dan memang benar bahwa UX sebagai sebuah disiplin dimulai dengan Usability. Bagaimanapun, UX telah berkembang untuk mengakomodasi lebih dari sekedar kegunaan dan penting untuk memperhatikan semua aspek User Experience agar bisa menghadirkan produk yang sukses ke pasar.

Sumber gambar

https://www.logicum.co/wp-content/uploads/2017/05/3755.UX_-715x400.jpg

Ada 7 faktor yang mempengaruhi User Experience, menurut Peter Morville. Peter Morville adalah seorang pelopor di bidang UX yang telah menulis beberapa buku best-selling dan menyarankan banyak perusahaan “Fortune 500” pada UX-nya. Antara lain:

1. Useful

Jika produk tidak berguna bagi seseorang mengapa Kita ingin membawanya ke pasar? Jika tidak memiliki tujuan, maka tidak mungkin untuk bersaing memperebutkan perhatian di samping pasar yang penuh dengan produk yang bermanfaat dan berguna. Perlu dicatat bahwa “berguna” ada di mata orang yang melihatnya dan segala sesuatunya dapat dianggap “berguna” jika mereka memberikan manfaat yang tidak praktis seperti daya tarik yang menyenangkan atau estetis.

Dengan demikian game di komputer atau pahatan mungkin dianggap berguna meskipun mereka tidak memungkinkan pengguna mencapai tujuan yang menurut orang lain bermakna.

2. Usable

Usabilty berkaitan dengan memungkinkan pengguna untuk mencapai tujuan akhir mereka dengan sebuah produk secara efektif dan efisien. Usabilty yang buruk sering dikaitkan dengan generasi pertama produk. Contohnya yaitu MP3 player, yang kehilangan pangsa pasar mereka kepada iPod yang lebih usable saat diluncurkan. IPod bukanlah MP3 player pertama tapi iPod menjadi MP3 player pertama yang benar-benar usable.

3. Findable

Findable mengacu pada gagasan bahwa produk harus mudah ditemukan dan sebagai contoh produk digital dan informasi; konten di dalamnya harus mudah ditemukan juga. Jika Kita tidak dapat menemukan produk, Kita tidak akan membelinya dan itu berlaku untuk semua pengguna potensial produk tersebut.

Jika Kita membaca koran dan semua berita di dalamnya diletakkan di halaman yang diatur secara acak, daripada diatur menjadi beberapa bagian seperti Olahraga, Hiburan, Bisnis, dll, Kita mungkin akan mendapati bahwa membaca koran merupakan pengalaman yang sangat membuat frustrasi. Findability sangat penting bagi User Experience kebanyakan produk.

4. Credible

Kredibilitas berkaitan dengan kemampuan pengguna untuk percaya pada produk yang Kita berikan. Bukan hanya karena melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan, tapi produk harus bertahan dalam jumlah waktu tertentu dan informasi produk yang diberikan akurat dan sesuai untuk tujuan tertentu.

5. Desirable

Skoda dan Porsche, keduanya membuat mobil. Keduanya memenuhi faktor useful, usable, findable, credible, tapi Porsche jauh lebih diminati daripada Skoda. Ini bukan berarti bahwa Skoda tidak diinginkan, Skoda telah menjual banyak mobil di bawah merek tapi diberi pilihan Porsche atau Skoda baru secara gratis - kebanyakan orang akan memilih Porsche.

Desirability disampaikan dalam desain melalui branding, image, identity, estetika dan desain emosional . Produk yang lebih desirable yaitu produk yang membuat pengguna yang memilikinya akan membual tentang produk tersebut dan menciptakan keinginan pada pengguna lain.

6. Accessible
Sayangnya, aksesibilitas sering hilang saat menciptakan pengalaman pengguna. Aksesibilitas adalah tentang menyediakan pengalaman yang dapat diakses oleh pengguna dari berbagai kemampuan, termasuk orang-orang yang disabilitas dalam beberapa hal seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, gangguan gerak atau gangguan belajar.

Desain untuk aksesibilitas seringkali dilihat oleh perusahaan sebagai pemborosan uang karena kesannya adalah bahwa penykitang cacat membentuk segmen kecil dari populasi. Sebenarnya, di Amerika Serikat setidaknya 19% orang memiliki kecacatan sesuai data sensus dan kemungkinan jumlah ini lebih tinggi di negara-negara kurang berkembang.

Perlu juga diingat bahwa ketika Kita merancang aksesibilitas, Kita akan sering menemukan bahwa Kita menciptakan produk yang lebih mudah digunakan oleh semua orang, bukan hanya untuk penykitang disabilitas. Jangan mengabaikan aksesibilitas dalam User Experience.

Akhirnya, desain yang accessible sekarang merupakan kewajiban hukum di banyak yurisdiksi, termasuk EU (European Union) dan jika tidak akan dapat mengakibatkan denda. Sayangnya, kewajiban ini tidak diberlakukan di semua yurisdiksi.

7. Valuable
Pada akhirnya, produk harus bisa memberikan nilai. Produk harus memberikan nilai bagi bisnis dan kepada pengguna yang membeli atau menggunakan produk yang bersangkutan. Tanpa n ilai, kemungkinan kesuksesan awal suatu produk pada akhirnya akan dirusak.

Desainer harus mengingat bahwa nilai adalah salah satu pengaruh utama pada keputusan pembelian. Produk seharga 100 yang memecahkan masalah senilai 10.000 adalah produk yang mungkin berhasil.

Referensi

The 7 Factors that Influence User Experience | IxDF

Sumber gambar

https://images.yourstory.com/2015/10/user_experience_design.jpg?auto=compress