Apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku kenakalan remaja?

remaja

(hanaaa) #1

Kenakalan remaja disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku kenakalan remaja?


(aditya) #2

Faktor-faktor kenakalan remaja menurut Santrock, (2003) secara rinci dijelaskan sebagai berikut:

  1. Identitas
    Remaja yang memiliki masa balita, masa kanak-kanak, atau masa remaja yang membatasi mereka dari berbagai peranan sosial atau yang membuat mereka merasa tidak mampu memenuhi tuntutan yang dibebankan pada mereka, mungkin akan memiliki perkembangan identitas yang negatif.

  2. Kontrol diri
    Kenakalan remaja juga dapat digambarkan sebagai kegagalan untuk mengembangkan kontrol diri yang cukup dalam hal tingkah laku.

  3. Usia
    Munculnya tingkah laku antisosial pada usia dini berhubungan dengan penyerangan serius nantinya pada masa remaja, walaupun demikian tidak semua anak yang bertingkah laku seperti ini nantinya akan menjadi perilaku kenakalan.

  4. Jenis kelamin
    Remaja laki-laki lebih banyak melakukan tingkah laku antisosial dari pada perempuan.

  5. Harapan terhadap pendidikan dan nilai-nilai di sekolah Remaja yang menjadi pelaku kenakalan seringkali memiliki harapan yang rendah terhadap pendidikan di sekolah mereka merasa bahwa sekolah tidak begitu bermanfaat untuk kehidupannya sehingga biasanya nilai-nilai mereka terhadap sekolah cendrung rendah.

  6. Proses keluarga
    Kurangnya dukungan keluarga, seperti: kurangnya perhatian orangtua terhadap aktivitas anak, kurangnya penerapan disiplin yang efektif, kurangnya kasih sayang orangtua, dapat menadi pemicu timbulnya kenakalan remaja.

  7. Pengaruh teman sebaya
    Memiliki teman-teman sebaya yang melakukan kenakalan, meningkatkan resiko remaja untuk menjadi nakal.

  8. Kelas sosial ekonomi
    Ada kecendrungan bahwa pelaku kenakalan lebih banyak berasal dari kelas sosial ekonomi yang lebih rendah.

  9. Kualitas lingkungan sekitar tempat tinggal
    Masyarakat dengan tingkat kriminalitas tinggi memungkinkan remaja mengamati berbagai model yang melakukan aktivitas kriminal dan memperoleh hasil atau penghargaan atas aktivitas kriminal mereka. Berdasarkan uraian diatas faktor-faktor penyebabnya terjadinya kenakalan remaja terdapat dua faktor yaitu faktor internal (identitas, kontrol diri, usia, jenis kelamin) dan faktor eksternal (harapan terhadap pendidikan dan nilai-nilai di sekolah, proses keluarga, pengaruh teman sebaya, kelas sosial ekonomi, dan kualitas lingkungan sekitar tempat tinggal).