Apa saja faktor yang membuat sebuah bahasa pemrograman bisa menjadi lebih unggul dibanding bahasa pemrograman yang lain?

Jika anda adalah seorang programmer atau setidaknya tahu beberapa hal tentang pemrograman pastinya anda mengetahui tentang beberapa bahasa pemrograman yang menjadi lebih populer dan banyak digunakan dibanding bahasa pemrograman lainnya. Sebagai contoh dahulu kita memiliki Pascal dan C, sedangkan tahun ini bahasa pemrograman seperti JavaScript dan Java menjadi sangat populer dan banyak digunakan.

Sebenarnya apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi popularitas dan jumlah penggunaan suatu bahasa pemrograman? Apa yang membuat mereka unggul dari yang lainnya?

Penyebab sebuah bahasa pemrograman lebih unggul dibanding bahasa pemrograman lainnya adalah karena tujuan dari bahasa pemrograman itu, jika bahasa pemrograman itu bertujuan untuk fokus ke 1 bidang maka orang-orang yang akan memakai bidang itu tentunya akan memakai bahasa pemrograman tersebut, lain halnya dengan bahasa pemrograman yang bertujuan untuk multi-task, tentu akan sulit bersaing dengan bahasa pemrograman yang berfokus ke 1 bidang.

Faktor lain penyebabnya naiknya popularitas adalah banyaknya orang yang memakai sehingga banyak diskusi dan kontribusi antar pengguna bahasa pemrograman tersebut sehingga menarik minat para pendatang baru.

Sumber : https://motherboard.vice.com/en_us/article/4xab7w/what-it-means-to-be-a-popular-programming-language

Jika kita berbicara mengenai bahasa pemrograman, di dunia ini banyak jenisnya. Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :

  1. Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
  2. Sebagai media mengoperasikan sebah mesin
  3. Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
  4. Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

Ada setidaknya 53 jenis bahasa pemrograman (versi https://dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/macam-macam-bahasa-pemrograman) yang sering dipakai programmer. Masing masing dari bahasa pemrograman tersebut ada kelebihan dan kekurangannya.

Di tahun 2016, banyak universitas yang memperlakukan programming seperti Computer Science, dan Computer Science seperti Matematika. Banyak pelajaran perkenalan ke bahasa programming yang terlalu berfokus pada bahasa terlalu dasar seperti C.

Tapi perubahan tetap terjadi. Bahkan di dunia pendidikan. Lebih dari setengah developer yang ada sekarang menggunakan Javascript. Bahasa ini menjadi vital dalam Front-End Web Development dan menjadi makin relevan dengan Back-End Development. Perkembangan yang dialami bahasa ini sendiri mulai masuk ke dunia developer game dan juga Internet.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi keunggulan suatu program untuk kita pakai, yaitu :

  • Job Market
    Jika kamu adalah salah satu dari mereka yang ingin belajar programming agar bisa mendapatkan pekerjaan, ini merupakan faktor yang penting. Java merupakan bahasa yang paling sering disebut di banyak lowongan pekerjaan sebagai syarat pekerjaan. Javascript berada di posisi kedua dengan perbedaan yang tipis.

  • Prospek jangka panjang
    Pada rata - ratanya, proyek JavaScript mendapatkan permintaan yang lebih banyak dari rata - rata proyek Java. Dan lebih dari itu, JavaScript mulai menjadi lebih populer dari bahasa programming populer lainnya. JavaScript memiliki suatu lingkungan yang menerima keuntungan dari investasi uang dan talenta dari perusahaan besar yang tertarik pada JavaScript seperti Google, Microsoft, Facebook, dan Netflix. Hal seperti ini tidak mudah untuk ditemukan pada Java.

  • Kemudahan untuk dipelajari
    Kebanyakan programmer akan setuju bahwa bahasa programming yang high-level sebenarnya relatif mudah untuk dipelajari. JavaScript masuk kedalam kategori ini. Meskipun universitas - universitas masih mengajarkan bahasa seperti Java dan C++ sebagai bahasa pertama, mereka jauh lebih sulit untuk dipelajari.

Sumber : http://blog.hacktiv8.com/programming-language/

Dari beberapa sumber yang ada, dapat dijabarkan beberapa faktor yang dapat membuat sebuah bahasa pemrograman menjadi diminati dan populer. Di antarannya:

  1. Ketersediaan bahasa secara gratis
    Memang tidak dapat dipungkiri tren perangkat lunak berbasis open source menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Khususnya semenjak android menjadi populer di kalangan pengguna. Bahasa pemrograman yang berbasis open source dapat mengurangi modal dan biaya yang harus digunakan oleh seorang programmer untuk membuat sebuah program maupun aplikasi.

  2. Kemudahan dalam penggunaan dan penguasaan
    Bahasa pemrograman yang baik dan dapat menarik hati pengguna adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan mudah dikuasai khususnya dari segi syntax. Kita ambil contoh bahasa pemrograman Ruby, syntax yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini begitu sederhana dan mudah dipelajari hingga banyak diminati oleh pengguna. Selain itu syntax yang sederhana juga membuat performa program lebih baik.

  3. Kompatibilitas bahasa pemrograman
    Survey yang diadakan baru-baru ini oleh komunitas para developer, GitHub membuktikan bahwa JavaScript menjadi bahasa yang sangat diminati oleh banyak pengguna. Salah satu hal yang menjadi poin positif dari bahasa ini adalah penggunaannya yang kompatibel oleh berbagai macam browser dan dapat dengan mudah digunakan dengan HTML dan CSS.

  4. Kemampuan untuk bekerja di berbagai platform
    Java menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan di berbagai jenis platform perangkat. Mulai dari perangkat PC hingga perangkat mobile khususnya android dan iOS, Java dapat bekerja dimanapun platform tempat ia berada. Kemampuan untuk bekerja di berbagai jenis platform adalah salah satu nilai plus untuk sebuah bahasa pemrograman.

Sumber:


https://www.ibm.com/support/knowledgecenter/en/ssw_aix_72/com.ibm.aix.performance/advantages_java.htm