Apa saja faktor penyebab timbulnya pasar oligopoli?

Dalam ilmu ekonomi, pasar oligopoli didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen atau penjual yang menguasai penawaran. Apa saja faktor penyebab timbulnya pasar oligopoli?

Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar oligopoli banyak dijumpai karena didukung oleh teknologi yang sangat modern. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan terbentuknya sistem pasar model oligopoli diantaranya sebagai berikut:

  • Skala Ekonomis. Pada umumnya perusahaan dalam pasar oligopoli didukung oleh teknologi padat modal dalam proses produksinya. Hal ini dapat dikatakan dapat membangun suatu industri di dalam sistem pasar oligopoli membutuhkan dana yang cukup besar dengan sumber daya yang besar pula. Industri otomotif merupakan contoh industri yang berada dalam sistem pasar oligopoli. Pada industri otomotif, produksi akan mencapai skala ekonomis bila jumlah produk yang dihasilkan sangat besar.

  • Kompleksitas Manajemen. Struktur industri oligopoli ditandai dengan adanya kompetisi harga dan non harga. Perusahaan harus cermat dalam memperhitungkan setiap keputusan agar tidak menimbulkan reaksi yang merugikan dari perusahaan pesaing. Pada pasar oligopoli, selain harus memiliki modal cukup besar, perusahaan juga dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik agar mampu bertahan dalam struktur industri yang persaingannya cukup kompleks.

Umumnya yang ada dalam persaingan oligopoli adalah perusahaan yang telah mapan baik dari segi pengalaman, modal, sumbar daya serta teknologinya. Oleh karenanya ada hambatan bagi perusahaan baru untuk memasukinya apalagi jika ada kartel atau kesepakatan. Hambatan-hambatan tersebut adalah:

1. Skala ekonomis

Perusahaan yang telah lama berproduksi dan beroperasi relatif lebih memiliki kesempatan untuk menikmati skala ekonomis, karena untuk memperbesar produksinya perusahaan tersebut cukup menambah dari produksi yang ada, sehingga sangat memungkinkan untuk menurunkan biaya produksi dan relatif akan mampu menjual produknya dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pendatang baru.

2. Ongkos produksi yang berbeda

Perusahaan lama akan dapat menurunkan biaya produksi dengan membuka kapasitas produksi baru dari pada tetap menggunakan kapasitas yang lama dan seterusnya. Sementara bagi perusahaan baru hal itu tidak bisa dilakukan karena harus mengeluarkan segala macam biaya yang tidak disertai dengan produksi langsung, seperti biaya pendidikan karyawan.

3. Keistimewaan hasil produksi

Untuk perusahaan yang telah lama berdirinya dan sama lamanya dengan produk yang dihasilkan menyebutkan produk tersebut menjadi dikenal oleh masyarakat dan menciptakan konsumen yang loyal pada produknya. Selain itu, berhubungan juga dengan tingkat kerumitan produk yang dihasilkan membuat perusahaan baru haruslah dengan cermat dan hati-hati mempelajarinya sehingga membutuhkan waktu yang lama, sementara bagi perusahaan lama itu adalah hal biasa.