Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran parasit?

Beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran parasit Beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran parasit adalah flora, fauna dan air. Flora (vegetasi) berperan sebagai sumber makanan dan tempat perlindungan yang baik bagi inang perantara maupun inang definitif, pengaruhnya sangat besar terhadap populasi parasit.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran parasit Beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran parasit adalah flora, fauna dan air. Flora (vegetasi) berperan sebagai sumber makanan dan tempat perlindungan yang baik bagi inang perantara maupun inang definitif, pengaruhnya sangat besar terhadap populasi parasit. Contoh: moluska yang hidup di air merupakan inang perantara cacing Trematoda, dapat bertahan hidup jika di tempat tersebut terdapat banyak tanaman air dan pohon-pohon di pinggir kolam. Beberapa tanaman air tidak hanya sebagai sumber makanan tetapi juga sumber O2 bagi moluska tersebut. Daun daun yang gugur dari pohon sering merupakan makanan bagi siput air. Jika tanaman tersebut jarang/ tidak ada maka populasi moluska berkurang dan mengakibatkan kesempurnaan daur hidup cacing Trematoda secara proporsional menurun. Peranan lain dari vegetasi air adalah sebagai tempat melekatnya kista dari cacing Fasciola sp dan keadaan yang demikian sesuai untuk penyempurnaan daur hidupnya.

Fauna, diantara kawanan hewan, rantai makanan merupakan faktor yang utama. Di alam, kehadiran mangsa mutlak perlu bagi karnivora dan secara tidak langsung mempengaruhi pada parasit. Contoh: larva cacing pita Taenia pisiformis yang terdapat di dalam hati dan mesenterium kelinci hanya dapat berkembang menjadi dewasa jika viscera kelinci yang mengandung parasit dimakan dan dicerna oleh karnivora, misalnya kucing.

Air memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup parasit. Bentuk infektif miracidium dari cacing Trematoda memerlukan air untuk berenang mencari inang yaitu siput air misalnya genus Lommed. Selain itu keadaan fisik juga berpengaruh, pada aliran yang lambat, cercaria cacing Schistosoma lebih banyak kemungkinan kontak dengan setiap inang definitif dibanding dengan aliran air yang cepat. Juga faktor-faktor fisik lain seperti temperatur, konsentrasi O2 dan CO2, pH, kadar garam dan mineral dapat mempengaruhi jumlah dan daya tahan hidup inang perantara. Faktor tersebut juga berpengaruh pada lamanya proses berenang miracidium dan cercaria cacing Trematoda.