Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran?

pasar

(Bela) #1

Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran.


(Saka) #2

Beberapa faktor yang mampu mempengaruhi penawaran antara lain sebagai berikut:

a. Jumlah Penjual atau Produsen
Jumlah produsen barang yang tinggi akan berpengaruh terhadap jumlah penawaran akan tetap tinggi

b. Bencana Alam
Bencana alam yang terjadi di daerah tertentu akan mempengarhi jumlah produksi.

c. Harga Barang Pengganti
Apabila harga suatu barang meningkat maka penawaran terhadap barang pengganti akan mengalami peningkatan karena penjual akan menawarkan barang pengganti sebagai alternatif barang utama yang mengalami kenaikan.

d. Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.

e. Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah sehingga keuntungan bertambah tinggi.

f. Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika pajak suatu barang menjadi tinggi, maka permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

g. Perkiraan Harga di Masa Depan

referensi: https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pengertian-penawaran-dan-7-faktor-yang-memengaruhinya