Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi penawaran?

Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran.

4 Likes

Beberapa faktor yang mampu memengaruhi penawaran antara lain sebagai berikut:

  1. Jumlah Penjual atau Produsen
    Jumlah produsen barang yang tinggi akan berpengaruh terhadap jumlah penawaran akan tetap tinggi

  2. Bencana Alam
    Bencana alam yang terjadi di daerah tertentu akan mempengarhi jumlah produksi.

  3. Harga Barang Pengganti
    Apabila harga suatu barang meningkat maka penawaran terhadap barang pengganti akan mengalami peningkatan karena penjual akan menawarkan barang pengganti sebagai alternatif barang utama yang mengalami kenaikan.

  4. Biaya Produksi
    Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.

  5. Kemajuan Teknologi
    Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah sehingga keuntungan bertambah tinggi.

  6. Pajak
    Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika pajak suatu barang menjadi tinggi, maka permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

  7. Perkiraan Harga di Masa Depan

Referensi

https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pengertian-penawaran-dan-7-faktor-yang-memengaruhinya

Faktor-faktor penentu penawaran (supply) adalah sebagai berikut :

  1. Biaya input
    Apabila biaya input berubah menjadi lebih murah atau menuru, hal ini menunjukkan pergeseran ke kanan dari kurva penawaran dengan harga yang sama menghasilkan kuantitas produk yang lebih besar dengan catatan semua faktor lainnya dianggap konstan. Peningkatan penawaran digambarkan dengan pergeseran ke arah kanan pada kurva penawaran. Ada dua kemungkinan pada pergeseran ini :

    • Pada harga yang sama, produsen bersedia dan mampu meproduksi lebih banyak unit barang.
    • Pada semua kuantitas barang, biaya marjinal produksi lebih rendah sehingga produsen bersedia dan menerima harga barang yang lebih rendah.
  2. Teknologi dan produktivitas yang diterapkan
    Terobosan perbaikan teknologi biasanya mengurangi biaya marjinal dari produksi barang sehingga memungkinkan produsen untuk memasok lebih banyak. Unit barang ini terefleksikan dari pergeseran ke kanan pada kurva penawaran.

  3. Pajak dan subsidi
    Pajak barang yang dibayarkan perusahaan sebagai tambahan biaya produksi dan karenanya akan menurunkan kurva penawaran atau bergeser ke kiri. Subsidi pada dasarnya adalah anti-pajak atau subsidi pajak per unit barang dari pemerintah akan menurunkan biaya per satuan produksi.

  4. Harga masa depan
    Kesediaan seorang produsen untuk menyuplai hari ini mungkin akan memengaruhi harga besok. Contohnya, seminggu lagi akan diperingati galungan di Pulau Bali maka produsen akan menahan beberapa pasokan barang pada hari ini dan berharap untuk dapat menjual pasokan dengan harga tinggi pada hari libur tersebut. Dengan demikian, kuantitas barang saat ini ditawarkan pada semua harga barang-barang akan turun.

  5. Harga barang lain yang dapat diproduksi
    Suatu perusahaan dapat memberdayakan sumber daya yang sama untuk menghasilkan barang yang berbeda. Apabila suatu barang A meningkat dan pendapatan peluang keuntungan bagi produsen A maka suplai dari barang makanan B akan menurun dan suplai barang A naik.

  6. Jumlah barang yang beredar
    Ketika banyak suplier memasuki pasar, diharapkan kurva penawaran bergeser ke kanan. Karena banyaknya produsen yang terlibat menyebabkan kurva penawaran bergeser ke arah kanan sehingga barang yang disuplai bertambah dengan harga yang sama.

Referensi

Kurniawan, P dan Budhi, M K S. 2015. Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Untuk mewujudkan transaksi dalam pasar, analisis permintaan saja belumlah cukup, untuk itu perlu ada analisis penawaran. Permintaan akan terwujud apabila ada barang-barang dan jasa-jasa yang disediakan oleh penjual (Penawaran). Dalam menawarkan barang atau jasa di pasar, penjual biasanya akan memerhatikan beberapa faktor di bawah ini.

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang-barang lain
  3. Biaya untuk memperoleh faktor-faktor produksi
  4. Teknologi yang digunakan
  5. Intervensi pemerintah, termasuk pajak
  6. Tujuan-tujuan dari perusahaan tersebut
  7. Keadaan alam
Referensi

Nuraini, Ida. 2016. Pengantar Ekonomi Mikro. Malang : UMM Press.