Apa saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi di dalam Organisasi?

komunikasi dalam organisasi yaitu proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam hubungan jaringan yang saling bergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang selalu berubah-ubah. Sebelum komunikasi dapat terjadi dibutuhkan suatu tujuan yang terekspresikan sebagai pesan untuk disampaikan antar seorang sumber dan penerimanya yang menghasilkan transfer dan pemahaman data.

Dengan demikian terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi di dalam organisasi.

Faktor dalam komunikasi organisasi meliputi struktur organisasi yang mengikuti sebuah sistem. Komunikasi organisasi terus berjalan sepanjang struktur organisasi, yang disebut dengan jalur formal komunikasi. Jalur formal komunikasi mempengaruhi komunikasi dengan dua cara, yaitu :

  • Ukuran organisasi yaitu ukuran organisasi yang lebih besar, dan komunikasi yang dibutuhkan untuk mencapai bagian organisasi yang lebih lama.
  • Jalur komunikasi formal dapat menghambat arus informasi yang bebas antara tingkat organisasi dan tingkat horisontal.

Faktor lain yang mempengaruhi komunikasi organisasi yaitu :

  • Authority Structure, struktur yang menunjukkan jumlah kewenangan yang dimiliki oleh suatu jabatan tertentu. Otoritas memiliki pengaruh terhadap komunikasi. Perbedaan status dan kekuatan dalam organisasi membantu menentukan siapa yang akan berkomunikasi dengan nyaman. Jika komunikasi berlangsung antara dua atasan dan bawahan, maka senior akan berkomunikasi secara nyaman dengan bawahannya. Isi dan keakuratan komunikasi juga akan terpengaruh oleh hubungan otoritas.
  • Job Specialization, Spesialisasi khusus mengacu pada area khusus di mana karyawan bekerja. Komunikasi dalam kelompok yang dapat terdiferensiasi mudah dilakukan. Anggota kelompok kerja yang sama cenderung memiliki tujuan, tugas, dan gaya pribadi yang sama. Komunikasi antara kelompok yang sangat terdiferensiasi cenderung terhambat atau sulit.
  • Information Ownership, kepemilikan informasi berarti individu memiliki informasi yang unik dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka. Sebagi contoh, seorang karyawan telah menemukan cara yang efisien untuk mengembangkan percetakan sebuah foto. Jadi informasi milik karyawan ini tidak mengkin dibagikan kepada orang lain.