Apa saja faktor dasar terbentuknya interaksi sosial?

Ada beberapa faktor dsar terbentuknya interaksi sosial di dalam kehidupan bermasyarakat, berikut penjelasannya

Ada 6 faktor yang menjadi dasar terbentuknya interaksi sosial antara lain,

  1. Sugesti
    Sugesti adalah rangsangan yang diberikan oleh seorang individu kepada individu lain, sehingga yang menerimanya menuruti atau melakukan apa yang disugestikan tanpa berpikir lagi. Proses sugesti dapat diberikan antarindividu dan antarkelompok.

  2. Motivasi
    Motivasi merupakan dorongan yang diberikan oleh seorang individu kepada individu yang lain, sehingga orang yang diberi motivasi akan menuruti dan melaksanakan apa yang dimotivasikan. Motivasi dapat berupa berbagai bentuk sikap atau tindakan, perilaku, pendapat, saran, dan pertanyaan.

  3. Imitasi
    Imitasi adalah proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gaya hidup. Proses imitasi kali pertama kali berlangsung dalam lingkungan keluarga. Proses imitasi memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif. Proses imitasi memiliki sisi positif apabila seseorang meniru perilaku yang dapat membangun dirinya menuju ke arah yang lebih baik. Sisi negatif terjadi, apabila proses imitasi meniru berbagai perilaku yang akan menjadi bumerang bagi dirinya.

  4. Identifikasi
    Identifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama dengan individu yang ditirunya. Oleh sebab itu, identifikasi erat kaitannya dengan imitasi.

  5. Simpati
    Simpati adalah suatu proses kejiwaan yang merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, perilaku, wibawa, atau perbuatannya. Dalam proses ini, perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting, walaupun dorongan utama pada simpati terletak pada keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk kerja sama dengannya.

  6. Empati
    Empati adalah suat perasaan haru pada seseorang ketika melihat suatu keadaan orang lain. Orang yang mudah iba terhadap keadaan orang lain maka orang tersebut memiliki rasa empati yang tinggi. Empati dan simpati saling memiliki keterhubungan. Empati merupakan suatu proses kelanjutan dari simpati.

Sumber : http://www.berpendidikan.com/2015/06/faktor-faktor-yang-mendasari-proses-interaksi-sosial.html