Apa saja fakta unik yang dimiliki Garut?

Berbicara soal wisata memang tidak akan ada habisnya. Begitu pula dengan wisata alam yang ada di Garut ini. Tersimpan hal unik di balik keindahan wisata alam yang ada di Garut. Keunikan yang dimiliki Garut ini dapat menjadi sebuah sisi positif sekaligus sisi negatif bagi Garut sendiri dan masyarakatnya. Apa saja fakta unik yang dimiliki Garut?

Berikut 4 fakta unik tentang Garut yang tidak banyak diketahui oleh orang:

  1. Jajaran pegunungan mengepung Kota Garut
    Kota Garut dikellilingi oleh banyak pegunungan, baik itu gunung api ataupun bukan gunung api. Deretan pegunungan ini sebut saja Gunung Gandapura, Gunung Rakutai, Gunung Kamasan, Gunung Guha, Gunung Kendang, Gunung Puntang, Gunung Nangklak, Gunungapi Papandayan, Gunungapi Cikuray, Gunung Peti, Gunung Mandalagiri, Gunung Puncakgede dan Gunungapi Kracak.

  2. Kota Garut dibelah oleh sungai besar
    Dengan adanya pegunungan yang mengelilingi Kota Garut berdampak pada adanya wilayah hulu dan wilayah hilir. Hal ini membuat adanya banyak anak sungai dibagian hulu dan berkumpul menjadi sungai besar di bagian hilir, yaitu Sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk merupakan salah satu sungai besar yang ada di Pulau Jawa dan sangat berpengaruh pada penghidupan masyarakat di sekitarnya. Sungai Cimanuk tepat membelah di tengah Kota Garut.

  3. Angkutan umum ada di setiap sudut Kota Garut
    Bagi seorang traveler, transportasi selalu menjadi masalah utama dalam bepergian ke suatu tempat. Tetapi tidak perlu khawatir karena di Garut banyak sekali tersedia transportasi umum. Sebagai salah satu kota yang ada di Jawa Barat, Kota Garut juga sangat mengandalkan transportasi umumnya sebagai model transportasi utama. Transportasi untuk dalam kota terdapat banyak sekali mobil angkutan umum atau angkot yang siap mengantar penumpangnya. Sedangkan untuk transportasi luar kota biasanya masyarakat setempat menggunakan travel atau bus. Khusus untuk angkot, bahkan di Kabupaten Garut sudah memiliki angkot yang bertugas beroperasi di setiap kecamatannya.

  4. Garut memiliki potensi wisata yang terisolasi
    Bagi wisatawan atau orang yang hanya sekedar berkunjung ke suatu daerah tentu tempat wisatanya lah yang paling dicari-cari. Kebanyakan orang tidak akan melewatkan tempat wisata di daerah yang sudah dikunjunginya. Demikian pula dengan Kota Garut ini dimana terdapat beberapa potensi wisata yang sudah dikembangkan. Sebut saja Gunung Papandayan, Pantai Santolo, Pantai Rancabuana, Darajat Pass, Curug Orog, Kawah Talaga Bodas, dan Pantai Sayang Heulang.

Sumber: