Apa saja fakta unik tentang ular kobra?

Ular kobra

Apa saja fakta unik tentang ular kobra?

Ular kobra terkenal karena memiliki bisa yang berbahaya. Semburannya bisa membuat mata buta. Hal itu telah diteliti oleh beberapa ilmuwan dimana penelitian tersebut diterbitkan di Physiological and Biochemical Zoology dan menggunakan sejumlah jenis ular seperti ular kobra merah, ular kobra hitam, dan ular kobra belang dewasa.

Dijelaskan para peneliti, ular kobra biasanya selalu menyemburkan bisa setelah orang yang ada di dekatnya mengubah arah kepala. Sebelum menyemburkan bisa, ular menggerakkan kepalanya untuk bisa membidik sasaran dengan tepat. Yang perlu diwaspadai, bisa ular kobra tidak hanya menyebabkan buta permanen tetapi juga bisa mengalir lewat darah serta memasuki badan korban sehingga bisa menimbulkan gangguan sistematik pada tubuh. Bahkan jika terkena racunnya, manusia bisa mati dalam waktu 15 menit saja. Berbahaya kan?

Kobra memiliki berbagai macam jenis. Salah satu yang paling terkenal adalah king kobra. Sesuai dengan namanya, ular ini merupakan rajanya kobra. Fakta unik king kobra salah satunya adalah bisa memanjang sampai dengan 5,5 meter yang menjadikan king kobra sebagai ular berbisa paling panjang di dunia. Dengan berat bisa sampai 20 kilogram, umur ular ini bisa sampai 20 tahun. Salah satu ciri khas king kobra adalah adanya tudung khas pada bagian leher dimana tudung ini mengembang saat ular sedang merasakan adanya ancaman.

Lalu dimana ular king kobra bisa ditemukan?

Berdasarkan beberapa sumber yang kami dapat, mereka biasanya tinggal di danau atau sungai dan banyak ditemukan di India Utara, China bagian tenggara, Asia tenggara, wilayah barat Indonesia, dan juga di Filipina. Namun seiring dengan banyaknya kasus kerusakan hutan, populasi king kobra kini terus menurun. Warna king kobra bermacam-macam. Ada yang kuning dan hitam, hijau kekuningan, maupun kuning pucat. Sementara di China, bisa didapatkan king kobra dengan warna body coklat kehitam-hitaman sertakombinasi gading dan warna putih.