Apa saja fakta unik ikan buntal air tawar ?

image

Ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan asal famili tetrodontidae. Ikan buntal mempunyai banyak sekali spesies yang telah tersebar di 19 negara di seluruh dunia. Ikan buntal memiliki racun di dalam kulitnya, racun yang ada pada ikan buntal tersebut lebih mematikan dibandingkan racun lainnya. Namun, meskipun ikan ini beracun, ikan buntal memiliki kenikmatan yang luar biasa sehingga ikan tersebut dijadikan menu sampingan makanan favorit di Jepang.

Berikut fakta unik dari ikan buntal air tawar:

1. Ikan buntal memiliki 1000 jenis spesies

Telah diteliti oleh pakar hewan laut bahwa ikan buntal mempunyai 1000 jenis spesies yang sama. Karena ikan buntal mempunyai tingkat perkembang biakan yang cepat dibandingkan ikan jenis lain. Nama ikan buntal tidak hanya dikenal di negara Indonesia saja, melainkan di negara-negara yang ada di dunia juga mengenali ikan tersebut. Akan tetapi nama ikan tersebut beda penyebutannya di tiap-tiap negara diantaranya yaitu Ballonfish, Blowfish, Globerfish dan Toadfish.

2. Ikan Buntal tumbuh hingga 2 meter

Jenis ikan buntal terbesar pertama ditemukan didalam perairan laut Jepang dan Afrika. Ikan buntal terbesar yang pernah ada atau dikenal dengan sebutan ikan stella. Ikan stella merupakan ikan buntal terbesar di dunia. Adapun ukuran ikan buntal stella yaitu mencapai 47 Inc atau 120 cm.

3. Ikan buntal mempunyai racun yang berbahaya

Keunikan yang dimiliki ikan buntal salah satunya adalah racun yang dimiliki di kulitnya, bukan di dalam tubuhnya. Racun ini disebut dengan Tetrodotoxin atau TTX. Tetrodotoxin atau THX adalah neurotoksin bekerja untuk merusak sistem saraf sehingga menyumbat saluran komunikasi antara tubuh dengan otak dalam waktu singkat. Maka dari itu racun yang ada pada ikan buntal tersebut lebih berbahaya dibandingkan dengan racun sianida.

4. Ketika terancam, selain beracun ikan buntal juga dapat menggembungkan tubuhnya hingga 3 kali lipat dari ukuran normalnya

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada di dunia, satu sama lain akan saling memangsa demi melangsungkan kehidupan. Sama halnya seperti ikan buntal. Namun keunikan yang ada pada ikan buntal adalah ketika mulai terancam oleh predator lain, ikan tersebut akan menggembungkan tubuhnya sehingga duri-duri tajam yang beracun di bagian kulitnya akan membuat predator minggat. Lebar ikan buntal setelah menngembungkan tubuhnya yaitu melebihi 3 kali lipat dari ukuran biasanya.

Jika diperhatikan lebih jauh ketka ikan buntal menggembungkan badannya, bentuk ikan ini hampir menyerupai bentuk bola dan di bagian tubuhnya akan mengeluarkan duri-duri tajam lagi beracun. Sehingga dengan adanya duri beracun tersebut akan membuat predator lain menghindar.

5. Ikan Buntal mampu berubah warna

Ikan buntal mampu mengubah warna tubunya dengan tingkat kecerahan, kecerahan tersebut terkadang terlihat lebih terang dan terkadang terlihat lebih gelap. Keunikan tersebut bereaksi mengikuti kondisi yang ada di area sekitar ikan. Selain itu, ikan buntal juga mempunyai keunikan lainnya yaitu ketika predator lainnya mengancam, ikan buntal dapat melarikan diri dengan cepat. Karena ikan buntal mempunyai penglihatan yang jauh lebih baik dibandingkan ikan lainnya.

Sumber:

1. Menggembungkan tubuh 3 kali lebih besar
Cara ikan buntal melindungi diri dari serangan pemangsa lain adalah dengan mengeluarkan duri-duri serta menggembungkan tubuhnya. Perubahan tubuh ikan buntal ini akan membuat hewan lain yang ingin memangsanya menjadi takut lalu kabur. Ikan buntal dapat menggembungkan tubuhnya hingga 3 kali lebih besar dari ukuran tubuh normalnya sehingga menyerupai bola berduri.

2. Membuat rumah yang indah
Sebagian dari spesies ikan buntal dapat membuat tempat tinggalnya sendiri. Seperti ikan buntal putih dan ikan buntal masked, keduanya bisa membuat tempat persembunyian atau rumah sendiri. Ikan buntal putih jantan membuat rumahnya menggunakan pasir putih. Rumah yang berbentuk bulat seperti lapangan stadion dengan diameter 3 meter itu dibuat untuk tempat ikan buntal betina bertelur. Pembuatan rumah itu menghabiskan waktu sembilan hari menggunakan dada dan sirip ekornya. Dan hasilnya sangat indah, tidak disangka rumah dari pasir tersebut ikan buntallah yang membuatnya. Pada saat ikan buntal betina bertelur di tengah lingkaran rumah yang telah jadi, ikan buntal jantan akan menjaganya di sekitar rumah itu sampai telur-telur ikan buntal menetas.

3. Terancam punah
Ikan buntal adalah salah satu jenis ikan yang terancam punah. Ini dikarenakan adanya kerusakan alam dan perburuan ikan buntal yang dilakukan secara berlebihan. Sekitar 40 tahun belakangan ini, populasi ikan buntal yang tersebar di perairan laut China, Jepang, dan Korea berkurang hingga 99 persen. Selain itu, ikan buntal Canthigaster cyanetron yang hidup di perairan pulau Paskah juga terancam punah karena rusaknya terumbu karang di daerah pantai. Selanjutnya ikan buntal readline dan ikan kerdil yang terdapat di Sungai Salib Nigeria juga termasuk jenis ikan buntal yang terancam punah.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Inilah-3-Fakta-Seputar-Ikan-Buntal-Yang-Menggemaskan

Berikut fakta-fakta seputar ikan buntal:

Ikan beracun yang berbahaya
Ikan yang termasuk famili tetraodontidae dengan ordo tetraodontiformes ini memiliki tulang belakang yang luas, besar, dan tipis. Ikan ini termasuk hewan bertulang belakang (vertebrata) yang sangat beracun kedua di dunia setelah katak emas beracun.

Racun yang dimiliki ikan buntal disebut tetradotoksin. Bagian tubuh yang mengandung racun ini adalah hati, ovarium kulit dan usus halus. Racun ini tahan terhadap panas dan juga racun non-protein yang larut dalam air.

Makanan spesial di Jepang
Meskipun mengandung racun yang berbahaya, ikan buntal menjadi salah satu makanan spesial di negara Jepang. Bagian tubuh ikan buntal yang dimakan itu adalah dagingnya. Tidak hanya itu, telur ikan buntal juga dikenal sebagai makanan yang bernilai tinggi.

Ciri-ciri ikan buntal
Secara umumnya ciri-ciri ikan buntal ini adalah memiliki gigi yang tajam dan memiliki racun yang terkandung dalam tubuhnya. Jika disentuh, ikan buntal akan mengembang dan mengeluarkan duri tajam. Warna tubuh ikan ini bergam, ada yang merah, biru, kuning, dan perpaduan beberapa warna.

Pada siang hari ikan buntal bersembunyi di balik karang lalu pada malam harinya mencari makan. Ikan yang memiliki gigi kuat ini dapat menghaluskan makanan utamanya seperti kerang, siput, landak laut, dan kepiting.

Habitat ikan buntal
Selain terkenal di Jepang dengan sebutan Fugu, ikan buntal juga dikenal di negara lain dengan sebutannya yang berbeda-beda. Seperti di Korea namanya bok, di Cina disebut he2 tun2, dan di Indonesia namanya ikan buntal.

Ikan buntal hidup di perairan tropis dan tidak dapat ditemukan di perairan zona sedang dan dingin. Ikan yang terdiri dari 121 spesies ini rata-rata berukuran kecil, tetapi beberapa spesies memiliki panjang lebih dari 100 cm.

Sumber:

Beberapa fakta unik tentang ikan buntal air tawar yang perlu diketahui :

  • Tetraodontidae adalah nama ilmiah dari ikan puffer, yang berkaitan dengan adanya empat gigi berukuran besar mereka yang digabungkan dan membentuk piring bawah dan atas. Mereka menggunakan gigi khusus ini untuk menghancurkan cangkang moluska dan krustasea, yang merupakan sumber alami makanan mereka.

  • Tubuh gemuk dan bulat merupakan salah satu karakteristik utama yang membedakan ikan ini. Fitur lain yang unik dari ikan ini adalah kulitnya yang tebal dan kasar, yang memiliki duri kecil bukannya sisik. Duri ini diterapkan di dalam pori-pori. Selama ikan ini tidak merasa terancam, duri tidak akan keluar. Namun, saat melihat ada predator, duri duri di tubuh ikan ini segera mengembang sendiri . Meskipun sebagian besar spesies ini memiliki ukuran 3-20 inci , beberapa bahkan dapat tumbuh hingga 3 kaki panjang. Spesies ini terlihat cukup luar biasa di berbagai negara.

  • Ikan puffer memiliki garis keturunan yang sangat kuno. Karna ikan ini tampak seperti mola-mola di masa lalu. Akhirnya, ikan ini berevolusi dan terlihat seperti memiliki keluarga bertengger, khususnya surgeonfish , yang dikatakan adalah nenek moyang puffer ini. Ikan ini memiliki sirip punggung tunggal, yang terletak di seberang sirip blakang nya. Ikan ini menggunakan dua sirip untuk aktif bergerak, karena tidak memiliki sirip perut.

  • Ikan Ini bisa mengembangkan tubuhnya hanya dalam beberapa detik dengan menelan tegukan besar air atau udara, yang biasanya memang ada di permukaan air. Ikan puffer mampu mencapai prestasi yang luar biasa ini karena kantung melekat usus nya. Menggunakan semacam katup otot untuk mematikan kerongkongan dan perut. Kemudian ia menggunakan insang khusus, yang berkerja sebagai pompa hisap untuk mengisi kantung. Karena tidak memiliki tulang panggul atau tulang rusuk, itu dapat memperluas sendiri untuk menjadikan tubuh ikan ini besar. Namun, untuk mencegah diri dari kembung yang berlebihan, kontrol yang melekat pada otot akan membantu dalam mengatur ekspansi.

  • Setelah tubuh ikan puffer sepenuhnya membengkak, predator tidak dapat memangsa tubuh ikan ini atau menggigit melalui kulit. Bahkan, telah ditemukan bahwa tubuh yang keras ini akan tetap utuh tanpa cedera bahkan setelah seorang pria dewasa berdiri di atasnya. Sulit bagi ikan untuk membuang udara dibandingkan dengan air, maka, biasanya ikan ini akan mengembangkan tubuhnya dengan air bukan udara, karena dapat membuang air dengan lebih mudah. Hal ini terjadi dikarnakan ketika ia melepaskan katup otot, memungkinkan air yang ada akan dikeluarkan melalui insang dan mulut.