Apa saja fakta tentang meerkat ?

Meerkat adalah hewan yang unik kalau dipelihara, apa saja fakta dari hewan meerkat ?

Meerkat adalah mamalia karnivora yang merupakan bagian dari anggota keluarga musang dan luwak. Mereka mampu dikenali dengan bentuk tubuh mereka yang panjang, telinga yg pendek dan rata, lalu mereka mampu berdiri dengan menggunakan kaki belakang mereka. Kulit Meerkat bisa berupa emas, perak, oranye atau coklat dengan bercak-bercak bulu gelap di sekitar mata.

Meerkat adalah hewan kecil, berukuran 25 sampai 30 cm dari kepala sampai pantat. Ekor mereka menambahkan 19 sampai 24 cm. Bobot tubuh mencapai kurang dari 1 kilogram, hampir sama dengan tupai.

Hewan-hewan ini dapat ditemukan di padang pasir dan padang rumput di Afrika, termasuk Botswana barat daya, Namibia barat dan selatan, serta Afrika Selatan bagian utara dan barat. Mereka juga dapat ditemukan di daerah ekstrem barat daya Angola dan di dataran rendah Lesotho.

Meerkat hidup bersama dalam kelompok besar. Kelompok Meerkat disebut “mob”, “geng”, atau “klan”. Kelompok tersebut dapat mencakup tiga sampai 50 meerkat. Usia hidup meerkat berkisar pada usia 12 hingga 14 tahun.

Hewan ini tinggal di sistem terowongan yang rumit di bawah tanah yang disebut liang, meerkat bisa tetap aman dari predator dan sejuk saat hari-hari panas. Satu liang bisa memiliki 15 lubang masuk dan keluar serta bisa mencapai kedalaman 2 meter. Tidak seperti makhluk penggali lainnya, meerkat tinggal di lebih dari satu liang.