Apa saja fakta-fakta yang menarik terkait otak manusia?

Sumber gambar : wikimedia.org

Otak merupakan hal paling kompleks yang pernah kita temukan di alam semesta ! James D. Watson

Berikut beberapa 5 fakta mencengangkan tentang otak kita, diambil dari nationalgeographic:

1. Otak kita lebih cepat dan lebih hebat daripada superkomputer!

Kucing peliharaan anda berada di dapur, ia nyaris menginjak panci panas. Anda hanya punya waktu beberapa detik untuk bertindak. Dengan mengakses sinyal dari mata, otak anda dengan cepat mengkalkulasi kapan, di mana dan seberapa cepat anda harus melompat untuk menghentikannya. Kemudian otak memerintahkan otot-otot tubuh anda untuk bertindak. Pemilihan waktu anda tepat, dan kucing selamat! Tidak ada komputer yang mendekati kemampuan mencengangkan otak anda untuk menyerap, memproses dan menerjemahkan dalam tindakan informasi yang datang melalui mata, telinga dan panca indera lain.

2. Otak menghasilkan listrik yang cukup untuk menghidupkan bola lampu

Otak manusia mengandung sekitar 100 milyar sel mikroskopis yang disebut neuron. Ada sangat baanyaaak neuron di otak sehingga mungkin butuh waktu ribuan tahun bagi kita jika menghitung semuanya. Kapan pun kita bermimpi, tertawa, berpikir, melihat, bergerak, bernafas, dll, sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui milyaran jalur kecil neuron.

Otak kita tak pernah berhenti bekerja. Membuat dan mengirimkan berbagai pesan yang tak terhitung ke seluruh jaringan tubuh tiap detiknya.

Neuron otak kita membuat dan mengirimkan pesan lebih banyak daripada pesan yang dikirim seluruh ponsel genggam di seluruh dunia. Meskipun satu neuron hanya menghasilkan sedikit daya listrik, namun jika seluruh neuron otak kita digabungkan, akan dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu ber-watt rendah. Bayangkan!

3. Kecepatan neuron mengirimkan informasi ke otak lebih dari 240 km/jam!

Seekor lalat hingap di tangan anda. Wuuussshhh… neuron sensorik di kulit anda akan meneruskan informasi ini ke sumsum tulang belakang dan otak dengan kecepatan lebih dari 240 km/jam. Otak kemudian mengirimkan neuron motorik untuk mengirimkan pesan kembali melalui sumsum tulang belakang ke tangan anda—untuk menggoyangkan tangan agar lalat terbang. Neuron motorik dapat menyampaikan pesan lebih dari 320 km/jam. Wow!

4. Ketika kita belajar hal baru, struktur otak berubah

Mengendarai sepeda awalnya tampak mustahil, tapi tak lama kita pun bisa menguasainya. Bagaimana bisa? Ketika kita berlatih, otak mengirim pesan “mengendarai sepeda” sepanjang jalur neuron berulang kali, membentuk hubungan neuron baru. Faktanya, struktur otak kita berubah setiap kali mempelajari sesuatu, sama seperti ketika kita mengingat hal baru. Itulah sebabnya otak bisa cerdas.

5. Olahraga membantu anda menjadi lebih cerdas

Sudah lama diketahui bahwa olahraga dapat membuat jantung berdetak lebih kencang. Olahraga—seperti berlari atau permainan olahraga, bagus untuk tubuh dan untuk meningkatkan mood. Baru-baru ini, para ilmuwan telah mengetahui bahwa selama beberapa waktu setelah berolahraga, tubuh kita memproduksi zat kimia yang membuat otak kita semakin siap untuk belajar. Menyempatkan untuk berolahraga setiap hari membuat kita akan lebih siap menyelesaikan tugas-tugas.

1. Otak manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka

Kemampuan otak ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Ohio University dengan memberikan luka kecil pada kulit beberapa pasangan suami istri. Mereka lalu diminta untuk mendiskusikan atau memperdebatkan banyak hal. Para peneliti ini kemudian melakukan pengukuran beberapa minggu setelah pemberian luka. Hasil pengukuran yang mereka dapatkan kemudian adalah, luka kecil tersebut sembuh 40 persen lebih lambat pada kulit pasangan yang memiliki pendapat negatif, dibandingkan pada pasangan yang memiliki pendapat positif.

Kondisi ini diperkirakan terjadi karena saat Anda memberikan pendapat negatif dengan emosi yang negatif, tubuh Anda melepaskan hormon-hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang justru menghambat sinyal protein yang dilepaskan oleh tubuh untuk menyembuhkan luka tersebut. Sehingga proses penyembuhan punberjalan lebih lambat.

2. Stres dapat membuat otak Anda menua lebih cepat

Kemampuan otak ini didukung oleh suatu penelitian yang dilakukan oleh University of California yang mengungkapkan bahwa, pelepasan kortisol oleh tubuh Anda secara rutin saat Anda tertekan, dapat mempengaruhi suatu bagian vital pada otak, yang berperan dalam penyimpanan memori jangka panjang.

Hal ini didukung oleh seorang dokter Beth Israel Medical Center, Roberta Lee, yang mengatakan bahwa, sebagian besar pasiennya yang mengeluhkan mudah lupa, memiliki gaya hidup yang rentan merasa tertekan.

3. Otak Anda belajar dari tindakan

Otak Anda memiliki suatu bagian yang mampu otomatis merefleksikan apa yang Anda lihat dan Anda pernah lakukan, yang dikenal dengan mirror neuron system. Kemampuan otak ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Parma, yang melakukan penelitian terhadap reaksi otak kera saat kera tersebut melihat peneliti melakukan suatu aktivitas tertentu, dalam hal ini mengambil kacang. Hasil dari penelitian tersebut adalah ternyata dalam otak kera tersebut, terjadi visualisasi yang serupa dengan aktivitas yang dilakukan oleh peneliti tadi.

Penelitian ini lalu didukung oleh seorang ahli neurologi, Marco Lacoboni, yang mengatakan bahwa ini merupakan alasan mengapa Anda turut merasakan kesedihan seseorang saat orang tersebut sedang berjuang dalam suatu kesakitan atau kondisi yang tidak menyenangkan.

4. Otak semakin mampu mengingat meski usia menua

Kemampuan otak ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Grill Spector terhadap 22 anak berusia 5-12 tahun dan 25 orang dewasa berusia 22-28 tahun. Penelitian dilakukan dengan meminta para partisipan untuk memperhatikan beberapa gambar wajah dan gambar suatu lokasi.

Hasil dari penelitian ini lalu menunjukkan bahwa, dengan menggunakan suatu alat pemindai otak, volume jaringan otak yang digunakan partisipan dewasa 12 persen lebih banyak dibandingkan dengan volume jaringan otak yang digunakan oleh partisipan berusia anak-anak, saat mereka diuji untuk menyadari ada tidaknya kemiripan wajah antara beberapa gambar yang diberikan pada mereka.

Hal ini kemungkinan dapat terjadi karena adanya evolusi dari cabang-cabang sel saraf pada otak yang berkaitan dengan kemampuan otak dalam mengenali wajah (fusiform gyrus), yang melebarkan dan memperbesar dirinya sendiri.

5. Otak mengkonsumsi sebagaian besar energi tubuh kita

Walaupun hanya memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan anda, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Lebih menarik lagi, sejumlah besar oksigen ini masih dibutuhkan ketika otak berisitirahat, dan masih belum diketahui juga jawaban atas pertanyaan, mengapa kebutuhan ini tetap ada. Untuk mensuplai kebutuhan ini, dibutuhkan 3 arteri utama, dan jika salah satu dari arteri ini macet, stroke adalah jawaban pasti! Selain energi, otak kita juga butuh tengkorak yang besar dan mewah jika dibandingkan dengan anggota badan lain.

6. Otak anda sudah tumbuh sempurna di usia 7 tahun

Perkembangan rumit dan sulit sudah tidak diragukan lagi, otak kita sudah 95% dari ukuran penuhnya pada usia 7 tahun. Perkembangan ini mungkin menjawab pertanyaan mengapa energi yang masuk ke otak pada saat usia 2 tahun sudah membutuhkan energi sebesar otak orang dewasa, otak pria lebih besar daripada otak wanita. Tapi, bukan berarti bahwa ada keuntungan tertentu bagi mereka yang punya otak lebih besar. Perbedaan ini muncul malah karena perkembangan tertentu di daerah tertentu, misalnya wanita punya hippocampus yang lebih besar, yang ada kaitannya dengan bau dan ingatan, sementara pria, cenderung punya amygdala dan hypothalamus yang lebih besar.

7. Otak tidak merasa sakit

Mengapa orang bisa operasi otak tanpa dibius? Jelas banget! Otak nggak punya reseptor sakit, dan, akibatnya, nggak bisa ngerasa sakit sama sekali! Sakit kepala bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter, yang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit, dan durameter inilah yang merasakan sakit pada saat kita pusing. Oleh karena itu ada banyak banget macam sakit kepala, dan penyebabnya juga masih tidak jelas, jadi kalo kita ngomong penyebab utama sakit kepala, ya tidak jelas!