Apa saja fakta-fakta menarik tentang tsunami yang anda ketahui?

Tsunami (bahasa Jepang:tsu = pelabuhan, nami = gelombang), secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”, adalah perpindahan badan air yang disebakan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.

Berikut fakta-fakta unik tentang tsunami :

  • Rangkaian gelombang tsunami dikenal sebagai kereta gelombang. Itu karena gelombang ini tidak hanya berlangsung satu kali.

  • Kecepatan gelombang tsunami dapat mencapai 900 kilometer per jam. Kecepatan ini sama dengan kecepatan sebuah pesawat jet. Padahal, normalnya gelombang air, hanya sekitar 2 sampai 100 kilometer per jam. Meski begitu, kadang tinggi gelombang tsunami di lautan dalam tidak sampai satu meter. Sampai-sampai para pelaut tidak menyadari, jika gelombang tersebut terjadi di bawah kapal mereka.

  • Gelombang pertama tsunami bukanlah gelombang paling merusak. Gelombang kelima atau keenamlah yang paling kuat dan mempunyai kemampuan untuk menghancurkan banyak wilayah.

Tsunami Dengan Gelombang Tertinggi

Gelombang tsunami tertinggi yang tercatat sampai saat ini adalah tsunami di Alaska pada tahun 1958 yang disebabkan oleh amblasnya lempeng tektonik di Teluk Lituya. Tsunami ini memiliki ketinggian lebih dari 500 meter dan menghancurkan pohon-pohon dan tanah pada dinding fjord. Saat gelombang tsunami kembali ke laut, gelombang tersebut langsung menyebar dan tingginya menurun dengan cepat. Tingginya gelombang saat berada di pantai lebih disebabkan karena topografi wilayahnya, daripada karena energi yang dikeluarkan oleh peristiwa amblasnya lempeng.


Gambar . Ketinggian Gelombang Disebabkan oleh Topografi Wilayahnya

Fjord merupakan suatu teluk sempit (inlet) di antara tebing-tebing atau lahan terjal. Biasa dijumpai di Norwegia, Alaska, dan Selandia Baru. Sebelumnya fjord ini merupakan sungai gletser yang terbentuk di wilayah pegunungan di kawasan pantai. Saat suhu menjadi hangat, sungai gletser ini mencair, akibatnya permukaan air laut naik dan membanjiri lembah di sela-sela pegunungan tersebut.

Gambar diatas sebagai perbandingan saja, sehingga kita bisa membayangkan seberapa dahsyatnya apabila diterjang tsunami setinggi 500 meter.