Apa saja fakta-fakta menarik tentang ikan molly ?

Ikan Molly

Ikan Molly (Poecilia sphenops) memiliki bentuk tubuh seperti ikan guppy karena memang satu marga, tetapi lebih besar dan dapat tumbuh sampai 12 cm. berwarna asli hitan tetapi karena dikawin silangkan dengan jenis ikan platy, maka beragam warna dapat dihasilkan.

Apa saja fakta-fakta menarik tentang ikan molly ?

Ikan Molly ini terdiri dari banyak jenis yang menyajikan warna tubuh nan cantik lagi menarik. Banyak di antaranya yang berwarna cerah, dan tak sedikit pula jenis ikan Molly yang berwarna sedikit gelap. Menjadi suatu komunitas yang menarik ketika ikan-ikan Molly dengan warna yang beragam disatukan dalam satu akuarium.

Ikan Molly tergolong jenis ikan hias yang berukuran kecil. Kebanyakan jenis ikan Molly hanya dapat tumbuh hingga mencapai panjang 12 cm saja. Tentu itu juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemeliharanya, karena tidak butuh tempat yang luas untuk memelihara ikan Molly ini.

Sama seperti kebanyakan jenis ikan pada umumnya, ikan Molly betina sering kali memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar ketimbang sang pejantan. Namun biarpun begitu, ukurannya tidak terlalu signifikan karena ikan Molly memang tergolong ikan kecil.

Soal pemberian pakan pun tak begitu merepotkan pemeliharanya. Sebab, ikan Molly termasuk hewan omnivora yang berarti pemakan segala. Ia menyukai pakan hidup maupun mati. Mulai dari cacing sutra, pelet ikan, cacing beku, dan sebagainya.

Begitu pun dalam masalah perkembang biakan. Ikan Molly dapat dikatakan subur dalam urusan ini. Tidak terlalu sulit untuk membudidayakannya. Namun tetap diperlukan ketelitian dan kesabaran tentunya demi menghasilkan keturunan ikan Molly yang berkualitas.

sumber:
https://kuyahejo.com/jenis-ikan-molly-sebelum-kamu-mulai-memeliharanya/