Apa saja fakta-fakta menarik dari ikan dory ?

Ikan dori sering disamakan dengan fillet ikan pati, tetapi ikan dori disini yang dimaksudkan adalah ikan dori air laut. Apakah saja fakta fakta yang perlu diketahui dari ikan dory sebelum memeliharanya ?

Dory merupakan bagian dari jenis ikan surgeonfish, ikan herbivora yang hidup di daerah terumbu karang. Ciri khasnya adalah punya duri yang menyerupai mata pisau. Pisau yang katanya setajam pisau bedah ini terletak pada pangkal ekor (penducle). Oleh sebab itu, ikan dengan nama Latin paracanthurus hepatus ini tergolong berbahaya. Dikenal dengan nama Blue Tang karena warna badannya biru mencolok. Selain itu, disebut juga Royal Blue Tang dan Hippo Tang.

Fakta - fakta dari ikan dori
1. Asal ikan dori
Ikan jenis ini dapat ditemukan di berbagai wilayah perairan. Afrika Timur, Jepang, Brazil, New Caledonia, dan bagian lain Samudera Pasifik. Blue Tang tinggal di lautan dangkal yang dekat dengan terumbu karang karena di sanalah makanannya berada. Biasanya, mereka berada dekat dengan pantai di bagian yang banyak bebatuan dan rumput laut.

2. Jangan dipegang
Ketika sedang menyelam di laut dan bertemu dengan ikan ini, jangan dipegang ya. Cukup diamati saja dari jauh. Karakter Dory dalam film memang ramah dan lucu, tapi aslinya, duri tajamnya bisa membahayakanmu. Sirip tajamnya ini digunakan untuk melindungi diri dari predator.

3. Berguna bagi terumbu karang

Meskipun berbahaya untukmu, tapi ikan ini dapat membuat terumbu karang sehat. Kok bisa ya? Jadi, ikan ini memakan ganggang, teman-teman. Otomatis jumlah ganggang yang ada di sekitar terumbu karang jadi lebih terkontrol. Kalau terlalu banyak ganggang, terumbu karang bisa mati.

4. Berubah warna
Meskipun namanya diambil dari warna tubuhnya yang biru, ternyata warnanya tidak selalu biru lho! Ketika malam tiba, ikan ini dapat berubah warna menjadi ungu. Bahkan di usia muda, warnanya bukanlah biru, melainkan kuning. Blue Tang berubah warna menjadi biru setelah mereka dewasa.

5. Jangan dimakan
Kalau kamu menemukan ikan ini di pesisir, jangan coba-coba untuk makan ya. Konon, rasa dagingnya enak, tapi mengandung racun. Racun ini tidak mematikan, tapi bisa membuatmu bolak-balik ke toilet aka diare.

sumber :