Apa saja fakta-fakta menarik dari ikan Badut ?

Ikan badut atau ikan giru

Ikan badut atau ikan giru (clownfish) menjadi semakin terkenal setelah diangkat menjadi tokoh Nemo dalam film animasi Pixar, Finding Nemo. Apa saja fakta-fakta menarik dari ikan Badut ?

Berikut adalah beberapa fakta tentang ikan kecil badut atau ikan giru (clownfish) :

  1. Meskipun ikan badut pada umumnya dikenali dengan warna cerah dan garis putih pada tubuhnya, namun ciri ini tidak berlaku untuk ikan badut sigung oranye (orange skunk clownfish). Spesies ini hanya memiliki satu garis yang terbentang dari kepala hingga ke tulang belakangnya.

  2. Selain warna oranye dan putih yang sering terlihat, ikan badut juga ditemukan memiliki warna lain seperti kuning, merah, merah marun, dan hitam.

  3. Ikan badut menyukai perairan tropis di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Mereka terutama ditemukan di wilayah Laut Merah, Great Barrier Reef di timur laut Australia, Jepang, dan kawasan Indo-Malaysia.

  4. Terdapat 28 spesies ikan badut yang umumnya hidup di dasar laut, di antara terumbu karang. Mereka adalah salah satu dari sangat sedikit ikan yang bisa hidup berdampingan dengan anemon.

  5. Ikan badut kebal terhadap sengatan tentakel anemon. Bahkan, mereka memiliki hubungan simbiosis dengan ikan badut memakan tentakel anemon mati.

  6. Ikan badut memiliki lapisan lendir yang bertindak sebagai perisai pelindung dari sengat tentakel anemon yang berbahaya.

  7. Ukuran rata-rata ikan badut sekitar 5 cm hingga 8 cm. Namun, ikan badut Gold Stripe Maroon merupakan spesies terbesar dan dapat tumbuh 13 cm hingga 18 cm.

  8. Semua ikan badut dilahirkan sebagai jantan, tetapi dapat berubah menjadi ikan betina untuk kemudian bertelur. Ketika seekor betina mati, jantan yang paling dominan akan mengubah jenis kelaminnya menjadi betina.

  9. Ikan badut hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan sangat teritorial. Mereka bahkan tidak berenang jauh dari anemon wilayah mereka karena khawatir direbut oleh individu lain.

  10. Rentang hidup rata-rata ikan badut di penangkaran adalah 3 sampai 5 tahun. Namun, di alam liar, mereka dapat hidup sampai 10 tahun.

  11. Ikan badut termasuk dalam omnivora. Mereka memakan invertebrata kecil yang mungkin membahayakan anemon. Mereka juga makan sisa-sisa makanan anemon laut seperti ikan dan udang. Selain itu, ikan badut memakan pula ganggang, plankton dan moluska.

  12. Saat penyelam atau ikan lain mendekati anemon tempat tinggal mereka, ikan badut tidak akan ragu menyerang menggunakan gigi kecil mereka.

  13. Ikan badut bertelur sekitar 100 hingga 1000 butir. Ikan betina biasanya menggunakan batu untuk meletakkan telur, yang selanjutnya dirawat oleh jantan.

  14. Betina biasanya bertelur saat bulan purnama dan menetas setelah 6 atau 10 hari, biasanya 2 jam setelah senja.

  1. Semua ikan badut terlahir sebagai jantan. Tetapi, saat dewasa, beberapa ikan badut akan berubah menjadi betina. Perubahan kelamin ini biasanya terjadi saat ikan badut betina yang berkuasa mati. Di saat seperti itu, ikan badut jantan yang berukuran besar akan berubah kelamin menjadi betina dan memimpin kelompoknya. Perubahan kelamin ini hanya terjadi satu kali. Jadi, ikan badut yang sudah berubah kelamin tidak bisa berubah kembali.

  2. Ikan badut betina bisa mengeluarkan 1.000 butir telur dalam satu masa bertelur. Telur-telur itu akan dijaga oleh ikan badut jantan, hingga menetas. Setelah menetas, para ikan badut akan hidup di sekitar anemon. O iya, tubuh ikan badut dilapisi oleh lendir yang bisa melindungi mereka dari sengatan anemon.

  3. Anemon laut suka menjebak plankton dengan tentakelnya. Saat menyantap plankton, ada beberapa bagian plankton yang tercecer. Plankton yang tercecer dan tidak termakan itu biasanya dimakan oleh ikan badut. Kegiatan ikan badut itu sangat disukai oleh anemon, karena bisa membuat anemon tetap bersih.

  4. Ikan badut memang lucu dan menggemaskan, tapi kamu harus hati-hati! Ikan badut akan berubah menjadi galak, jika anemon tempat tinggalnya diusik. Saat sedang agresif, ikan badut bisa menggigit pengganggu tersebut. Ikan badut sering berubah menjadi agresif kepada para penyelam yang usil menyentuh anemon.

  5. Saat mendengar ikan badut, kita pasti membayangkan ikan berwarna oranye dengan garis putih di tubuhnya. Padahal, ikan badut juga ada yang berwarna kuning, kemerahan, dan hitam. Meski berbeda warna, semua ikan badut punya garis putih di badannya. O iya, ikan badut bisa hidup hingga 10 tahun di alam liar.

Ratusan kilometer

Menurut Pak Stephen Simpson, ahli biologi kelautan dari University of Exeter, Inggris, ikan badut suka menjelajah laut sejak masih bayi. Meski tubuhnya kecil, bayi ikan badut bisa melakukan perjalanan hingga 400 kilometer.

Beberapa bayi ikan badut memang sudah menjelajah laut hingga 400 kilometer. Tapi, para peneliti masuk belum tahu pasti, berapa jarak maksimal yang bisa ditempuh oleh seekor bayi ikan badut. Apakah bisa lebih jauh atau tidak.

Penelitian dengan DNA

Untuk mengetahui hal itu, peneliti harus mengambil sampel DNA di sirip ikan badut. Setelah itu, ikan tersebut akan dilepaskan kembali ke laut. Dengan DNA, para peneliti bisa tahu, terumbu karang mana saja yang sudah disinggahi ikan badut itu. Jika sudah begitu, para peneliti tinggal mengukur jarak antar terumbu karang yang sudah dilewati ikan badut itu.

Kenapa mengguankan DNA ?

Ukuran bayi badut hanya beberapa milimeter. Jika dilihat, tubuh ikan badut terlihat seperti butiran beras. Ukuran tubuh yang kecil membuat peneliti kesulitan menaruh alat pelacak pada ikan badut. Akhirnya, peneliti pun memutuskan untuk melacak ikan ini menggunakan DNA.

Arah petualangan

Selain mengetahui jarak yang ditempuh, penelitian ini juga memberitahu kemana ikan badut itu pergi. Dan ternyata, kebanyakan ikan badut melakukan penjelajahan dari utara ke selatan, searah dengan arus laut.

Menjaga Kepunahan

Apa hubungan menjelajah dengan menjaga kepunahan? Saat menjelajah, ikan badut akan tersebar ke berbagai tempat. Nah, jika ikan badut di satu tempat sudah hilang, ikan badut di tempat lain masih ada dan masih bisa berkembang biak. Dengan begitu, jumlah ikan badut di dunia tidak akan cepat berkurang.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/4-Rahasia-Ikan-Badut-Suka-Menjelajah-Lautan-Yang-Perlu-Kamu-Ketahui