Apa saja empat kelompok instrumental pokok musik?

Dalam apresiasi musik, terdapat medium-medium musikal, salah satunya adalah medium instrumental. Terdapat empat kelompok instrumen yang pokok. Apa saja empat kelompok instrumental pokok musik?

Alat musik merupakan sebuah instrumen yang dibuat dan di modifikasi dengan tujuan menghasilkan musik yang indah. Pada intinya, segala sesuatu yang menghasilkan suara dan dengan cara tertentu dapat diatur, bisa disebut alat musik.

Alat musik berdasarkan sumber bunyinya :

  1. Idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran tubuh bagian inti instrumen itu sendiri. cara memainkannya dipukul dengan alat pemukul.

Contohnya : kolintang, bonang, angklung, gong, kabasa dsb.

  1. Kordofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senior. Tubuh instrumen/resonator umumnya terbuat dari kayu.

Contohnya : gitar, bass, biola, sitar, piano, dan kecapi.

  1. Aerofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung. Cara memainkannya adalah ditiup. Instrumen ini dibagi lagi menjadi :
    a. Instrument music Aerofon murni atau tanpa lidah getar, yaitu:
  • Dibunyikan dengan tiupan biasa. Contohnya Recorder, Picollo, Flute
  • Dibunyikan dengan tiupan biasa dan getar bibir, contohnya Trompet, Trombone dan Tuba
    b. Instrument music Aerofon dengan lidah Getar, Dibagi menjadi:
  • Lidah getar tunggal, contohnya Clarinet, Saxofon
  • Lidah getar ganda
  • Lidah getar dengan sejumlah nada, contoh harmonica, Vionika, Akordeon.
  1. Membranofon adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput atau membran yang terdapat pada instrumen. Cara memainkannya dipukul dengan jari tangan atau alat pemukul.

Contohnya : kendang, tifa, rebana, drum, tom-tom, dsb.

  1. Elektrofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari sinyal hasil osilasi (getaran) sirkuit elektronik.

Contohnya : organ dan elektron.