Apa saja elemen yang ada didalam presentasi product roadmap?

Membuat dan mempresentasikan product roadmap merupakan bagian penting dari pekerjaan product manager. Selama presentasi, product manager akan menjelaskan kepada stakeholder kemana produk akan berjalan dan bagaimana produk itu akan sampai di sana. Agar presentasi product roadmap membuat stakeholder tertarik, apa saja elemen yang harus ada didalamnya?

Berikut merupakan beberapa elemen penting yang harus disertakan dalam presentasi product radmap :

  1. Agenda : Manajer produk harus mempertimbangkan siapa audiens-nya sebelum menetapkan dan membagikan agenda. Hal ini memberi audiens gambaran tentang apa yang akan mereka lihat di sepanjang presentasi dan juga membantu memastikan pembahasan topik tidak keluar jalur.

  2. Purpose : Presentasi product roadmap yang baik dimulai dengan tujuan. Dengan membangun presentasi menggunakan pendekatan goal-first, manajer produk dapat merasa lebih percaya diri bahwa presentasi akan informatif dan diterima dengan baik.

  3. Vision : Setiap audiens akan mendapat manfaat dengan melihat rencana produk dalam konteks strategi dan arah produk yang lebih luas.

  4. Audience-aware : Presentasi harus disesuaikan menurut audiens dan hasil yang diinginkan. Misalnya, presentasi kepada tim marketing mungkin berfokus pada konsep tingkat tinggi dan menyertakan percakapan terperinci tentang manfaat fungsi baru, panduan yang jelas tentang kapan akan tersedia, dan cara berbicara dengan pelanggan tentang hal itu. Tapi ketika presentasi roadmap kepada customer mungkin hanya mencakup deskripsi umum fitur dan kisaran tanggal perkiraan ketika mereka akan dirilis.

  5. Roadmap : Roadmap merupakan inti dari presentasi product roadmap. Manajer produk dapat memilih untuk menggunakan beberapa template roadmap pada berbagai tingkat detail. Sekali lagi, ini akan disesuaikan dengan audiens. Dewan direksi mungkin ingin melihat portofolio atau strategi roadmap, sementara tim TI akan lebih tertarik pada release roadmap.

  6. Feedback : Dalam presentasi product roadmap memberi manajer produk peluang untuk menjawab pertanyaan dan mendapatkan umpan balik yang berharga dari khalayak internal dan eksternal. Setiap presentasi harus menyediakan waktu untuk sesi tanya jawan dan komentar.

  7. Shareability : Beberapa orang mungkin menganggap presentasi lebih berharga setelah disajikan. Bahkan bisa menjadi titik referensi ke depan. Karena alasan ini, penting untuk mempertimbangkan pembagian, seperti memberi izin untuk dapat mengakses file presentasi itu kembali.

Referensi :