Apa saja efek samping dari penggunaan antibiotik terhadap gigi?

Kesehatan Gigi

Antibiotik merupakan segolongan senayawa baik secara alami maupun secara sintetik yang memiliki fungsi atau efek sebagai penenkan atau penghambat proses biokimia atau organisme. Adapun antibiotik tersebut biasanya atau pada umumnya dipergunakan untuk mengatasi rasa sakit apda setiap organ tubuh yang membutuhkannya, termasuk salah satunya adalah pada bagian gigi anda.

Berikut ini efek samping penggunaan antibiotik terhadap gigi, antara lain :

  1. Perubahan Warna Gigi
    Efek samping yang pertama yang bisa langsung kita lihat dari penggunaan antibiotik terhadap struktur gigi dan fungsinya adalah adanya perubahan warna gigi anda. Apabila sebelumnya gigi anda berwarna putih dan bersih, tetapi apabila anda mengonsumsi antibiotik ini dalam waktu yang lama, jangan heran ya sobat jika gigi anda nantinya berubah warna menjadi kuning atau cenderung kelainan gigi berwarna coklat dan terlihat seolah gigi anda berwarna pucat ya sobat. Hal ini terjadi disebabkan oleh kandungan senyawa yang ada pada antibiotik tersebut perlahan – lahan telah merusak bagian email gigi anda yang sejatinya berwarna putih bersih itu. Karena penggunaan antibiotik sendiri biasanya dikonsumsi sampai benar – benar habis.

  2. Gigi Cenderung Menjadi Rapuh
    Efek samping yang kedua dari penggunaan antibiotik ini terhadap gigi adalah gigi anda akan cenderung lebih rapuh. Jangan heran ya sobat apabila pada saat anda sedang makan sesuatu yang agak keras tetapi tiba – tiba gigi anda juga berasa ada bunyi “ krok “ itu artinya gigi anda ada yang patah. Gigi yang rapuh tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa yang ada dalam antibiotik tersebut juga telah merenggut kekuatan dari gigi anda. Baik itu kekuatan dari mahkota gigi, tubuh gigi, maupun bagian akar dari gigi anda. Hal inilah yang membuat pertahanan gigi anda dari bentukan keras menjadi berkurang atau bahkan hilang sama sekali, sehingga pada saat anda makan yang keras sedikit saja, gigi depan keropos dan patah dengan sangat mudah.

  3. Gigi Cenderung Sensitif
    Efek samping berikutnya adalah gigi yang cenderung lebih sensitif bahkan gigi hipersensitif dari yang sebelumnya. Jika sebelumnya anda menginsumsi makakan atau minuman yang dingin dan anda tidak merasa ngilu, itu hal yag normal ya sobat. Lain hal jika pada saat anda mengonsumsi makanan anda minuman yang dingin namun anda merasakan ngilu yang luar biasa dan cenderung membuat bagian gigi atau gusi atau bahkan pipi anda menjadi kaku.

sumber: https://health.detik.com/ulasan-khas/2008584/efek-tersembunyi-antibiotik-dari-gigi-kuning-sampai-vagina-gatal