Apa saja Efek Samping Bius Total ?

image
Sebelum menjalani operasi besar, misalnya bypass jantung, Anda akan lebih dulu dibius total. Tujuannya adalah untuk membuat Anda tidak sadarkan diri, tidak bergerak, dan tidak merasakan sakit sama sekali agar prosedur tersebut berjalan lancar. Bius total, atau yang sering disebut anestesi umum, biasanya disuntikkan ke pembuluh darah atau dihirup lewat hidung dengan memakai masker khusus. rosedur bius total umumnya aman. Meski begitu, tetap ada risiko berbagai efek samping bius total terjadi setelah Anda sadar. Apa saja?

Efek samping dari anestesi umum

Anestesi umum dikenal juga sebagai bius total. Ini merupakan jenis obat anestesi yang menyebabkan pasien benar-benar tidak sadarkan sehingga dan tidak akan merasakan rasa sakit selama operasi. Efek obat ini memengaruhi kerja otak dan seluruh bagian tubuh lainnya.

Anestesi umum dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan obat anestesi ke dalam pembuluh darah vena ataupun dengan menggunakan aliran gas bius lewat pemasangan masker khusus. Jenis anestesi ini digunakan untuk operasi besar dengan mempertimbangkan keselamatan dan kenyamanan pasien.

Terdapat beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari anestesi umum antara lain:

  1. Reaksi alergi terhadap obat anestetik
  2. Rasa mual dan muntah-muntah
  3. Kerusakan gigi
  4. Penurunan suhu tubuh hingga hipotermia
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri punggung
  7. Kegagalan fungsi sistem pernapasan
  8. Tersadar ditengah-tengah proses operasi