Apa saja detail aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercantik kebaya?

Salah satu pakaian asli Indonesia yang masih digunakan oleh wanita Indonesia dari dulu hingga sekarang yaitu kebaya. Perkembangan kebaya pun semakin beraneka ragam sesuai perkembangan zaman. Namun sebenarnya detail aplikasi apa saja yang dapat mempercantik tampilan kebaya?

Berikut ini detail aplikasi yang dapat mempercantik tampilan kebaya.

  • Bordir
    Bordir dapat didefinisikan sebagai hiasan berbahan benang yang dijahit di atas kain atau bahan-bahan lain dengan menggunakan mesin bordir. Untaian benang yang dijahitkan di atas bahan kebaya sebagian besar didominasi oleh motif flora yang cantik.

  • Sulam
    Sulam merupakan teknik membentuk motif dengan benang atau pita yang dilakukan secara manual dengan tangan. Motif sulaman yang sering terlihat pada busana kebaya yaitu berupa bunga atau dedaunan.

  • Tempel Brokat
    Selain digunakan untuk bahan dasar kebaya, brokat sebenarnya dapat juga digunakan sebagai aksen tempel pada kebaya. Caranya yaitu dengan menggunting pola brokat dan menempelkan kembali hingga membentuk hiasan kebaya yang indah.

  • Payet dan Mote
    Payet dan mote merupakan ornamen yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan kebaya maupun busana wanita. Fungsi utamanya yaitu untuk memberikan efek berkilau dan glamour. Payet dengan kualitas terbaik saat ini adalah payet Jepang.

  • Beads
    Sama halnya dengan payet dan mote, beads sebenarnya juga berfungsi untuk memberikan efek glamour pada kebaya. Bedanya ukuran beads ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan payet dan mote.

Referensi

https://fitinline.com/article/read/9-detail-aplikasi-untuk-mempercantik-tampilan-kebaya/