Apa saja dasar dalam membuat risk manajemen plan ?

gambar

Risk management plan adalah dokumen yang manajer proyek siapkan untuk meramalkan risiko, memperkirakan dampak, dan menentukan tanggapan terhadap isu.

Apa saja dasar dalam membuat risk manajemen plan ?

Dasar dalam membuat risk manajemen plan ada 4 yaitu :

  1. Project charter. Ini secara minimum harus mendefinisikan high-level boundaries proyek. Project Manager menggunakan project charter sebagai titik mula untuk perencanaan awal dalam Initiating Process Group.

  2. Output from other processes. Output dari banyak proses-proses 9 knowledge areas lainnya yang terintegrasi untuk membuat project management plan. Semua baseline dan subsidiary plan yang menjadi output pada proses perencanaan lain, menjadi input pada proses ini.

  3. Enterprise enviromental factors. Faktor ini adalah standart industri atau pemerintah, sistem informasi manajemen proyek, struktur organisasi, budaya, management practices, infrastruktur, administrasi personil.

  4. Organizational process assets. Dapat berupa guideline yang telah terstandarkan, Work Instruction (WI), kriteria evaluasi proposal, kriteria pengukuran kinerja, template project management plan, prosedur change control, project files dari berbagai proyek, historical information dan lesson learned knowledge base, konfigurasi management knowledge base.

Referensi :
http://manajemenproyekindonesia.com/?p=2716