Apa saja dampak yang ditimbulkan dari sering membuat vlog?

Vlog (video blog) menjadi tren kekinian yang banyak dilakukan anak muda di berbagai negara saat ini. Hal-hal yang diabadikan melalui vlog pun bermacam-macam, dari aktivitas sehari-hari, traveling, kuliner, otomotif, kecantikan, hingga beragam tips. Apa saja dampak yang ditimbulkan dari sering membuat vlog?

DAMPAK DARI MEMBUAT VLOG


image

Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan membuat vlog saat ini telah menjadi tren di berbagai negara, tak hanya di Indonesia. Dari vlog, kita dapat membagikan berbagai macam hal mulai skincare, travelling, reviews, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, dari membuat vlog tersebut ternyata juga mempunyai beberapa dampak baik dampak positif maupun dampak negatif, apa sajakah dampak-dampak tersebut? Hal tersebut dapat kita ketahui sebagai berikut:

Dampak positif:

  1. Akan dikenal banyak orang. Publik bisa melihat dan mengetahui apa yang sedang dialami oleh vlogger tersebut.
  2. Punya banyak relasi dari berbagai elemen masyarakat (jika vlog yang diupload berbobot)
  3. Tempat mencurahkan isi hati (bisa mengurangi beban pikiran)
  4. Bisa mendapatkan uang apabila vlogger mengaitkan google adsense ke channel vlog mereka.
  5. Skill mengedit video jadi terasah.
  6. Skill dalam pengambilan gambar makin hari menjadi profesional.

Dampak negatif:

  1. Para vlogger bangga dapat pamer diri di media sosial, mereka senang mengumbar, senang jika banyak yang melihat. Bagi mereka yang penting terkenal.
  2. Kondisi mengumbar di media sosial ini dapat menjadi taraf yang lebih berbahaya ketika vlogger sudah tak lagi memiliki batasan hingga membahas hal yang tabu di area publik. Respon publik yang tak siap diantisipasi akan menjadi gangguan dalam kejiwaan vlogger.
  3. Menjadikan vlogger bergantung pada gawai untuk mencurahkan perasaan, pemikiran, atau apapun. Seseorang yang secara mental telah mengumbar rahasia mereka ke publik, biasanya mereka cenderung kurang dalam komunikasi intrapersonalnya, akibatnya seseorang menjadi individualis di lingkungan masyarakat.

Sumber

(Diakses pada tanggal 5 Desember 2017)

(Diakses pada tanggal 5 Desember 2017)

(Diakses pada tanggal 5 Desember 2017)

Vlog adalah satu video berisi mengenai opini, cerita atau kegiatan harian yang biasanya dibuat tertulis pada blog. Vlog pada awalnya menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan pendapat kepada publik. Namun, lama-kelamaan, hasil yang ada akhirnya, beberapa Vlogger mengekspresikan dirinya terlalu ‘bebas’ dan cenderung secara ‘negatif’ sehingga muncul tren seperti penggunaan kata kasar atau makian dalam video dan tren gaya hidup berbudaya barat yang bebas. Maraknya Vlog di media sosial menjadi tontonan rutin para anak muda. Fenomena ini juga muncul dalam kalangan mahasiswa, lebih khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.

Jadi untuk mengetahui pengaruh konten Vlog dalam Youtube terhadap pembentukan sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi maka penelitian menggunakan teori Jarum Hipodermik yang berdasarkan anggapan bahwa media massa memiliki pengaruh langsung, segera, dan sangat menentukan terhadap khalayak. Maka konten Vlog dalam Youtube bersifat seperti jarum suntik yang mempengaruhi penonton yang nantinya diukur sejauh mana penonton menyadari, memahami, dan menerima isi video yang diunggah Vlogger. Nantinya akan timbul efek dari segi kognitif, afektif dan behavioral.

Metode yang digunakan adalah metode korelasional untuk mencari tahu besarnya pengaruh yang disebabkan oleh variabel X yaitu ‘Konten Vlog’ terhadap variabel Y yaitu ‘Sikap Mahasiswa’lalu akan dianalisis dengan analisis Koefisien Korelasi dengan rumus Product Moment yang menyatakan kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih, juga dapat menentukan arah hubungan dari kedua variabel. Nilai korelasi yang didapat adalah kuat dan positif. Positif maksudnya terjadi hubungan searah antara konten Vlog dan sikap mahasiswa. Bila konten Vlog sering ditonton maka akan terjadi pembentukan sikap pada mahasiswa. Pembentukan sikap yang terjadi adalah sikap yang positif dengan maksud karena para mahasiswa senang dan gemar menonton Vlog, ingin mencoba hal-hal yang ada dalam Vlog, bahkan memiliki keinginan untuk menjadi Vlogger.

Dampak positif membuat VLOG?

  • Kamu akan dikenal banyak orang
  • Punya banyak relasi dari berbagai elemen masyarakat (kalau vlog kamu berbobot)
  • Tempat mencurahkan isi hati (bisa mengurangi beban pikiran)
  • Dapat uang? hmmm ini terjadi klu kamu mengaitkan google adsense ke channel vlog kamu.
  • Skill mengedit video jadi mumpuni
  • Skill dalam pengambilan gambar makin hari menjadi PROfesional

Dampak negatif membuat VLOG?

  • Haters, emang didunia ini tanpa mereka hambar banget, So, hiraukan saja
  • Dikejar target membuat vlog
  • kecanduan vlog
  • privasy terganggu (tergantung kamu buat vlognya bagaimana)

Sumber :

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/15479

Video Blog (Vlog) adalah suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video daripada penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video atau kamera murah yang dilengkapi dengan
mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging. Kehadiran tayangan Vlog di YouTube memang tidak dapat dipungkiri juga memiliki dampak positif, dimana mampu memberikan informasi-informasi terbaru seputar berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar, mampu mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia dan juga tidak jarang dalam tayangan Vlog tersebut menampilkan kata-kata motivasi yang memberi semangat kepada para penontonnya.

Dampak yang diberikan dari seringnya membuat vlog adalah tingakt kesenangan dari kesehariannya akan berkurang, karena pelaku vloger akan memikirkan apa yang bagus untuk dilakukan, dan juga yang dijalani terlalu script, itu tidak bagus untuk dilakukan terus menerus, karena tanpa disadari ia telah membohongi dirinya sendiri.