Apa saja dampak positif dari media sosial?

Media Sosial

Media Sosial adalah serangkaian aplikasi berbasis internet yang membentuk ideologi dan pondasi teknologi web 2.0 yang memungkinkan adanya pertukaran konten antar pengguna.

Apa saja dampak positif dari media sosial ?

Pada dasarnya, keuntungan yang paling utama dengan adanya media sosial adalah dapat bermanfaat sebagai media komunikasi dalam rangka membangun hubungan sosial dengan orang lain sekaligus sebagai media penyebaran dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan kebutuhan dan aktivitas dalam dunia nyata sehari-hari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh O’keeffe et.al (2011), sosial media memberikan dampak yang sama bagi anak dan remaja, hal ini dikarenakan anak dan remaja memiliki resiko yang sama dalam hal pengendalian diri yang lemah dan kerentanan dalam tekanan teman sebaya.

Lebih lanjut, O’keeffe et.al menyebutkan bahwa sosial media memberikan pengaruh positif dalam perkembangan anak. Sosial media bermanfaat bagi anak dalam hal sosialisasi dan komunikasi. Anak dapat terhubung dengan teman dan keluarga yang memungkinkan anak untuk saling berinteraksi melalui pembagian foto dan video, pembentukan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama, pembangunan komunitas sosial dan pertukaran ide dan gagasan.

Komunikasi dan sosialisasi ini selanjutnya membentuk kemampuan sosial anak. Dalam bidang kognitif, sosial media membantu memperluas kesempatan belajar anak. Hal ini dikarenakan sosial media memungkinkan adanya integrasi media pembelajaran berbasis online melalui sosial media dan adanya fasilitas untuk saling mengkomunikasikan subjek pembelajaran antar teman dalam sosial media.

Contohnya adalah penggunaan Blog sebagai media pembelajaran dan pembahasan tugas sekolah dengan group sosial media. Manfaat lain sosial media secara koginitif adalah sosial media mampu meningkatkan kemampuan ekspresi tertulis, bahasa inggris, dan kreativitas.

Manfaat lain dari penggunaan sosial media adalah anak dapat mengakses berbagai informasi melalui sosial media, salah satunya informasi terkait kesehatan.

Sementara itu, dampak positif sosial media terhadap anak menurut Undiyaundeye (2014) adalah sebagai berikut.

  1. Perkembangan kognitif

    Sosial media berdampak positif terhadap perkembangan koginitif anak. Penggunaan sosial media oleh anak membantu membentuk kemampuan berfikir kritis dan problem solving. kemampuan berfikir kritis dan problem solving ini dapat diperoleh anak melalui situs berita yang tersedia dalam sosial media. Selain itu, sosial media juga membantu anak dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi. Hal ini dikarenakan sosial media menyediakan konten edukasi yang dapat digunakan anak untuk mengenal huruf dan angka. Contoh aplikasi edukasi yang terintegrasi dengan sosial media adalah game Play School dan Sesame Streets. Sosial media juga memfasilitasi pengguna untuk membaca dan menulis melalui sosial media, seperti aplikasi Blog atau status dalam Facebook.

  2. Perkembangan moral

    Sosial media mampu membantu anak mengembangkan kompetensi moralnya melalui observasi nilai yang dilihat dalam sosial media. Hasil observasi nilai moral dalam sosial media ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai moral yang diterapkan dalam keluarga.

  3. Perkembangan kreativitas

    Sosial media memungkinkan anak untuk mengembangkan kreativitas melalui pengembangan imaginasi, seni, modeling, musik, editing gambar hingga kreativitas dalam bidang musik. Hal ini dikarenakan sosial media menyediakan aplikasi khusus penunjang pengembangan kreativitas ini, contoh aplikasi Instagram yang memungkinkan anak untuk mengolah kemampuan dalam mengedit foto.

  4. Perkembangan sosial

    Fungsi sosial media sebagai media komunikasi antar teman, komunikasi dengan keluarga hingga komunikasi dengan orang asing yang menjadi pengguna sosial media yang sama. Komunikasi yang mudah dan efektif melalui sosial media ini perlahan mampu mengembangkan anak dalam komunikasi sosial.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa secara kognitif sosial media bermanfaat untuk memperluas kesempatan belajar anak, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, membentuk kemampuan problem solving dan critical thinking. Selain itu, sosial media juga bermanfaat untuk mengasah kreativitas siswa dalam bentuk keterampilan seni musik dan design. Sosial media juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan moral anak. Selanjutnya diketahui bahwa sosial media bermanfaat mengembangkan kemampuan anak untuk dapat berkomunikasi secara efektif serta meningkatkan kemampuan sosial anak dalam pergaulan.

Dampak positif yang timbul dari penggunaan situs jejaring sosial adalah sebagai berikut :

  1. Semakin Mudahnya Berinteraksi dengan Orang Lain

Karena dapat berkomunikasi secara livetime, Para pengguna jejaring sosial dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tak lagi terpengaruh oleh jarak yang sangat jauh. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

  1. Sarana Promosi

Kunggulan lainnya media ini dapat digunakan sebagai sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.

  1. Sarana Sosialisasi Program Pemerintah

Di negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan informasi yang lain. Selain menggunakan media cetak, pemerintah mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009.

  1. Sarana Silaturahmi

Tak dapat dipungkiri jika jejaring sosial merupakan sarana paling efektif untuk menjalin Komunikasi dan Silaturahmi dengan teman, sahabat maupun keluarga. Tanpa lagi dibatasi jarak, tempat dan waktu, anda bisa terus menjalin silaturahmi dengan mereka, berbagi pengalaman bahkan anda bisa merencanakan sebuah acara pertemuan keluarga dengan mereka.

  1. Sarana Hiburan

Para pengguna bisa bersenang-senang dan bergaul dengan orang dari seluruh penjuru dunia. Dengan perkembangan pesat dunia internet, maka sarana dan prasarana untuk bisa bersenang- senang dan bergaul di online social networking pun semakin banyak pilihan. Dari mulai main game dengan teman virtual anda, sampai kepada saling kirim kartu ucapan.

  1. Sebagai Media Penyebaran Informasi

Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenalsekalipun dari berbagai penjuru dunia. *emperluas pergaulan. Dengan adanya situsini seseorang dapat menambah dan memperluas pergaulan, tak lagi dengan orangorang dekat melainkan dengan orang + orang yang jauh.

  1. Sebagai Sarana untuk Mengembangkan Keterampilan dan Sosial

Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.