Apa saja Dampak Positif dan Negatif dari Jaringan Komputer?

Tentu jaringan merupakan elemen yang begitu luas dan memiliki banyak komponen didalamnya, maka dari itu dari hal tersebut pastinya memiliki dampak yang dimana dapat dikatakan positif maupun negatif, maka dari itu “Apa saja Dampak Positif dan Negatif dari Jaringan Komputer?

JARINGAN KOMPUTER
Tentunya jika mendengar kalimat tersebut yang terlintas di benak kita adalah sebuah hal yang bersangkutan dengan sebuah koneksi internet yang sangat banyak manfaat nya pada zaman kini,dan tak hanya internet saja masih banyak lagi. Dampak positif dan negatif dari jaringan komputer? pada kesempatan ini saya akan membahas dampak-dampak positif dan negatif dari jaringan internet

Internet memiliki beberapa efek positif yang besar. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Search engine di internet adalah sistem pencarian informasi terbaik yang tersedia. Mereka membawa segala jenis informasi untuk pengguna internet, mulai dari restoran lokal hingga berita internasional.

  • Internet menyediakan beberapa sarana komunikasi yang paling efektif di antara orang-orang, termasuk email online dan pesan instan.

  • Internet memungkinkan perusahaan dan perusahaan untuk melakukan transaksi dengan klien dan pelanggan mereka lebih cepat dan efisien.

  • Berkat internet, orang bisa mengambil tindakan dan menghindari keadaan buruk. Misalnya badai, badai dan kecelakaan bisa dilacak melalui internet.

  • Internet telah memungkinkan pertukaran gagasan dan materi antara ilmuwan, profesor universitas, dan siswa, selain menyediakan server, pusat sumber daya dan alat alat berbasis online untuk kegiatan penelitian dan sarjana mereka. Terlebih lagi, jutaan buku, jurnal dan materi lainnya tersedia melalui internet karena digitalisasi materi domain publik dari perpustakaan di Amerika dan Eropa. Tindakan ini memungkinkan orang untuk mempelajari semua hal baru.

Terkadang, internet bisa memiliki efek negatif, diantaranya:

  • Materi ilegal atau tidak pantas dapat ditemukan di internet.

  • Beberapa orang dalam beberapa tahun terakhir telah mendownload musik secara ilegal atau materi berhak cipta lainnya secara gratis. Tindakan ini memiliki dampak negatif pada industri musik dan telah menyebabkan beberapa tuntutan hukum.

  • Kecanduan jaringan sosial online dapat mengganggu cara hidup dan aktivitas profesional seseorang.

  • Beberapa penjahat menggunakan internet untuk menyebarkan virus komputer atau bahkan mencegat kartu kredit atau rincian bank untuk tujuan palsu.

  • Kencanduan kepada game online

    dan masih banyak lagi…

Source

http://thecomputersimpact.weebly.com/the-positive-and-negative-effects-of-the-internet.html
for more info bout this topic:
http://www.diplointernetgovernance.org/profiles/blogs/internet-access-positive-or
http://www.healthguidance.org/entry/11625/1/Why-the-Positive-Effects-of-Internet-Use-Outweigh-the-Bad.html

image

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Tentunya jaringan komputer tersebut membawa dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif jaringan komputer antara lain :

  1. Kestabilan dan peningkatan performa komputasi, kinerja aplikasi dapat ditingkatkan dengan cara pembagian tugas komputasi yang disebar pada beberapa komputer di jaringan.

  2. Berbagi sumber daya, sehingga menghapuskan masalah jarak. Misalnya seorang pegawai kantor cabang yang berada pada jarak 100 km dari kantor pusat, ia tetap bisa mengambil atau memodifikasi data di kantor pusat tanpa harus pergi ke sana.

  3. Ketahanan data tinggi, sehingga setelah data disalin ke komputer lain pada jarak ribuan kilometer, resiko rusak/hilangnya data di komputer sumber masih dapat diatasi.

  4. Keamanan dan keteraturan data, dengan jaringan komputer seorang administrator jaringan dapat mengorganisasi data-data penting di kampus atau kantor. Misalnya, data-data penting yang tercecer dan terpisah di setiap departemen dapat disimpan menjadi satu kesatuan data dalam sebuah server back end untuk kemudian direplikasi menjadi beberapa bagian sesuai kebijakan perusahaan. Administrator jaringan pun dapat menentukan dan mengubah orang-orang yang berhak mengakses
    data-data tersebut.

Dampak negatif jaringan komputer antara lain :

  1. Diperlukan manajemen hardware dan administrasi sistem, kadang - kadang hal ini dianggap sepele dibandingkan proses implementasi. Padahal, jika terjadi kesalahan, bisa jadi sistem jaringan harus ditinjau ulang dan bahkan direkonstruksi ulang. Oleh karena itu, diperlukan staf IT berpengalaman dan profesional yang mampu mengerjakannya.

  2. Peningkatan biaya untuk membangun jaringan, ketika jaringan dalam sebuah perusahaan akan dibua diperlukan sejumlah anggaran tertentu, baik untuk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan, dan juga pemeliharaan hardware dan software. Sedangkan bagi pengguna rumahan, biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil tetapi harus dipertimbangkan lebih matang agar jaringan yang dibuat tidak menimbulkan biaya tambahan (overhead) lagi, karena timbulnya beberapa masalah di kemudian hari.

  3. Virus dan hacking, keduanya telah menjadi momok bagi administrator jaringan, karena jaringan bisa down dan pekerjaan menjadi berhenti.

  4. Berbagi file yang tidak dikehendaki, kemudahan berbagi file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena dibaca oleh orang yang tidak berhak mengaksesnya. Oleh karena itu, diperlukan seorang administrator jaringan yang mampu menangani semuanya.

Sumber :