Apa saja dampak perubahan iklim?

Perubahan Iklim adalah perubahan signifikan pada iklim, suhu udara dan curah hujan mulai dari dasawarsa sampai jutaan tahun. Perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.

Dampak Perubahan Iklim bagi kehidupan

Perubahan Iklim diartikan sebagai perubahan dalam jangka panjang dalam hal cuaca dalam periode waktu tertentu, umumnya antara puluhan hingga ratusan tahun. Perubahan iklim merupakan sebuah bencana besar dan malapetaka bagi umat manusia, hal ini dikarenakan dampak perubahan iklim bagi kehidupan manusia sangat merugikan sekali33. Dan inilah pembahasan singkat mengenai berbagai macam dampak perubahan iklim bagi kehidupan dimuka bumi:

  • Sarana Prasana Menjadi Rusak

    Perubahan iklim menyebabkan terjadinya cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya bencana. Jika sudah terjadi bencana seperti tanah longsor, badai angin topan dan banjir misalnya, maka sudah bisa dipastikan akan ada banyak sarana prasarana dan infrastruktur yang rusak. Ini merupakan sebuah kerugian yang besar akibat dari terjadinya perubahan iklim dibumi ini.

  • Merebaknya Wabah Penyakit

    Salah satu dampak perubahan iklim bagi kehidupan dimuka bumi adalah merebaknya wabah-wabah penyakit khususnya untuk penyakit-penyakit pernapasan. Hal ini dikarenakan perubahan iklim menyebabkan polusi dan pencemaran udara yang akhirnya menurunkan fungsi dari paru-paru. Tentunya ini sangat merugikan bagi kehidupan kita didunia ini.

  • Kekeringan dan Kekurangan Sumber Air

    Perubahan iklim serta global warming berdampak kepada terjadinya kekeringan dihampir seluruh wilayah Indonesia. Bencana kekeringan diperparah dengan penyedotan secara besar-besaran sumber air yang ada karena kebutuhan manusia yang tinggi akan air. Jika hal ini tidak segera diatasi maka fenomena kekeringan dan kekurangan air akan semakin parah.

  • Bencana Alam

    Dampak perubahan iklim yang mungkin sering kita lihat adalah bencana alam seperti meningkatnya kejadian atau intensitas terjadinya badai, hal ini bukan hanya merusak infrastruktur yang ada tetapi juga memakan korban jika. Perubahan iklim juga mengakibatkan cuaca ekstrim dan turun hujan deras sehingga seringkali terjadi banjir misalnya di Jakarta.

  • Udara Semakin Tidak Sehat

    Dampak perubahan iklim lainnya adalah tingkat pencemaran udara yang tinggi sehingga membuat kualitas udara semakin tidak sehat. Perubahan iklim, global warming, pertumbuhan penduduk semakin meningkatkan permintaan akan energi. Sedangkan kita tahu bahwa energi dihasilkan dari bahan bakar fosil yang notabene mengelurkan emisi gas berupa kabon dioksida.

  • Krisis Pangan

    Hal yang dikhawatirkan dari perubahan iklim adalah meningkatnya harga jual pangan, ini jelas sangat menyesakkan karena pangan merupakan kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi. Meningkatnya harga pangan ini karena tidak lain dan tidak bukan berkurangnya produksi hasil pangan karena beberapa faktor penghambat seperti kekeringan dan gagal panen

Pada tanggal 5 juni 2007, negara-negara seluruh dunia umumnya memperingatnya sebagai Hari Lingkungan Hidup. Global warming yang berakibat pada perubahan iklim (climate change) belum menjadi mengedepan dalam kesadaran multipihak. Global warming telah menjadi sorotan utama berbagai masyarakat dunia, terutama negara yang mengalami industrialisasi dan pola konsumsi tinggi (gaya hidup konsumtif). Tidak banyak memang yang memahami dan peduli pada isu perubahan iklim. Sebab banyak yang mengatakan, memang dampak lingkungan itu biasanya terjadi secara akumulatif. Pada titik inilah masalah lingkungan sering dianggap tidak penting oleh banyak kalangan, utamanya penerima mandat kekuasaan dalam membuat kebijakan.

Tingkat dari dampak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim tergantung pada tingkat kenaikan suhu bumi. Kenaikan satu derajat akan memiliki dampak ekologis yang serius dan diperkirakan kerugian yang ditimbulkan sekitar 68 triliun dollar. Perubahan iklim akan menyebabkan
beberapa daerah menjadi basah, dan daerah lainnya menjadi lebih hangat. Permukaan air laut akan naik akibat dari gletser yang mencair, sementara beberapa daerah akan lebih berisiko terkena gelombang panas, kekeringan, banjir, dan bencana alam. Perubahan iklim bisa merusak rantai makanan dan ekosistem, menempatkan seluruh spesies terancam kepunahan.

1 Like