Apa saja dampak negatif dari kebakaran hutan?

Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan merupakan sebuah fenomena alam yang sering kali terjadi di alam liar yang jauh dari pemukiman. Apa saja dampak negatif dari kebakaran hutan?

Rusaknya habitat dari satwa atau binatang

Hutan di Indonesia merupakan habitat asli dari satwa, seperti; harimau, orang utan, beruang dan satwa lain. Jika terjadi kebakaran hutan maka habitat satwa akan musnah, bukan hanya habitanya saja namun satwanya juga akan punah. Hal ini akan berakibat berkurangnya jumlah keanekaragaman spesies satwa.

Perubahan Iklim

Menyebabkan adanya perubahan iklim karena terjadinya efek rumah kaca
Hasil pembakaran hutan adalah gas CO2 atau karbon dioksida, gas ini adalah pemicu terjadinyau efek rumah kaca yang terjadi di atmosfer. Hal ini dapat menyebabkan percepatan perubahan iklim di bumi, sehingga dampaknya adalah terjadinya cuaca yang ekstrim serta sulit diprediksi.

Merugikan negara

Kebakaran hutan juga dapat menyebabkan kerugian negara secara ekonomi, karena jika terjadi kebakaran hutan maka biasanya akan timbul kabut asap. Adanya kabut asap tersebut dapat mengganggu berbagai aktivitas perdagangan, sehingga perputaran ekonomi akan mengalami penurunan yang berdampak pada negara. Contohnya aktivitas penerbangan menjadi tertunda, sekolah diliburkan dan distribusi bahan pokok terhambat.

Sumber