Apa Saja Dampak Negatif Apabila Kita Sering Mengeluh?

Keluhan muncul akibat dari kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspetasi atau bahasa sederhananya kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Yang namanya hidup pastinya tidak selalu berjalan sesuai keinginan kita, pasti ada gelombang-gelombang kecil ataupun besar yang menghampiri. Lalu, apa dampak negatif kalau kita sering ngeluh ?

3 kerugian kalau buat kamu yang suka komplain :

  1. Kamu menjadi terkenal sebagai si pengeluh
    Kalau media sosialmu penuh dengan komplain / ngeluh dan kata-kata yang keluar dari mulutmu juga berupa keluhan ya jangan heran kalau orang men-capmu sebagai pengeluh. Ga enak banget kan dikenal sebagi si pengeluh atau si tukang komplain? Karena itu yuk mulai dipikir dulu sebelum berbicara ataupun menulis sesuatu di media sosialmu.

  2. Buang-buang waktu
    Iya buang-buang waktu, karena orang yang suka komplain hanya menghabiskan waktunya untuk komplain tanpa melakukan sesuatu. Kan mendingan waktunya kamu gunain untuk belajar, ngobrol dengan orangtua atau melakukan hobimu. Dengan begitu waktumu ga akan terbuang dengan sia-sia. Jangan nyesal di kemudian hari saat kamu sadar ternyata banyak waktu yang sebenarnya bisa kamu manfaatin daripada sekedar komplain.

  3. Dijauhi teman-teman
    Ya iyalah, kalau hampir setiap hari kamu komplain atau ngeluh ke teman-temanmu mereka bisa bosen dan ujung-ujungnya ya ngejauhin kamu. Gimana mereka mau main dnegan kamu kalau belum apa-apa kamu udah cerita semua keluhanmu dan hamper setiap hari. Kalau kamu jadi mereka yang mendengarnya gimana? Sebel kan ngedengernya? Jadi stop komplain!