Apa saja dampak dan penyebab dari mata kura kura bengkak?

Kura-kura

Kura-kura memang salah satu binatang peliharaan yang tidak memerlukan perhatian lebih. Memelihara kura-kura, baik kura-kura air tawar maupun kura-kura darat, keduanya sangat mudah karena hewan ini bisa tumbuh dengan baik meskipun tanpa perawatan khusus. Namun, meskipun cara pemeliharaannya cukup mudah, ini tidak menjamin bahwa kura-kura tidak bisa sakit. Apa saja dampak dan penyebab dari mata kura kura bengkak?

Penyebab sakit mata pada kura-kura

  1. Kolam yang kotor

    Sakit mata pada kura-kura biasanya disebabkan karena kuman maupun bakteri yang tumbuh dan berkembangbiak pada daerah yang kotor. Umunya, penyakit ini lebih sering menyerang jenis kura-kura air tawar karena mereka lebih banyak hidup di air, sedangkan jika orang yang memelihara tidak rajin mengganti air tempat kura-kura air tawar itu hidup maka bakteri akan dengan mudah tumbuh dan membuat kura-kura tersebut sakit mata. Ada baiknya air yang menjadi habitat atau kandang dari kura-kura air tawar peliharaan tersebut sebaiknya dibersihkan paling tidak satu minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membuat kura-kura di dalamnya tetap dalam kondisi sehat dan tidak terkena penyakit seperti salah satunya sakit mata.

  2. Kekurangan vitamin A

    Sama seperti pada manusia, kura-kura juga membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang seimbang agar daya tahan tubuh maupun pertumbuhannya tetap berjalan dengan baik. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh kura-kura yaitu vitamin A. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kura-kura peliharaan Anda terserang penyakit mata. Hal ini karena kekurangan vitamin A juga menjadi faktor penyebab kura-kura mengalami sakit mata.

Dampak sakit mata untuk kura-kura :

  1. Menjadi pasif

    Semua mahluk hidup pasti akan menjadi lemas ketika tubuh sedang tidak pada kondisi yang fit, hal yang sama juga terjadi pada kura-kura. Ketika sakit mata, kura-kura akan menjadi pasif, yaitu hanya berdiam diri dan tidak banyak bergerak. Jika pada umumnya kura-kura akan berjalan-jalan ketika sedang dijemur, maka kura-kura yang sedang terkena sakit mata akan lebih suka berdiam diri di dalam kolam atau di pojokan.

  2. Jarak pandangan terbatas

    Ketika sakit mata, mata kura-kura akan bengkak dan penuh dengan tumpukan kotoran. Oleh sebab itu, kura-kura pasti akan mengalami jarak pandang mata yang terbatas atau tidak sejauh pada awalnya. Tak hanya itu saja, mata yang bengkak juga akan membuat kura-kura ini kesakitan dan terus mengeluarkan air dari matanya. Ini juga yang menjadi alasan lain mengapa kurakura yang sakit akan malas untuk melakukan aktifitas apapun.

  3. Nafsu makan berkurang

    Dampak lain yang terjadi jika kura-kura sakit mata adalah nafsu makannya yang berkurang. Jika kura-kura yang sedang dalam kondisi sehat akan sangat senang makan, kura-kura yang sakit justru sangat menghindari makanan meskipun bagian tubuh yang sakit hanya matanya sekalipun.

Itulah beberapa penyebab dan dampak yang terjadi ketika kura-kura sakit mata. Ada baiknya jika Anda memelihara kura-kura harus lebih rajin untuk membersihkan tempat tinggalnya dan memberikan makanan yang bergizi lengkap. Namun, jika saat ini kura-kura peliharaan Anda terlanjur sakit mata, maka harus dilakukan pengobatan secepatnya dan usahakan setelah itu Anda lebih memperhatikan sistem perawatan dari kura-kura tersebut agar tidak kembali sakit.

Sumber : http://www.ilmuhewan.com/penyebab-dan-dampak-mata-kura-kura-bengkak/