Apa saja daerah di Indonesia yang sering terdampak kelaparan dan gizi buruk?

Daerah mana saja di wilayah Indonesia yang sering terdampak kelaparan dan gizi buruk?

k izin menjawab yah, kalau menurut ku sih di daerah indonesia timur seperti papua barat, ntt dan lain sebagainya. gizi buruk banyak terjadi dan dialami oleh bayi atau balita. dan mengapa daerah tersebut karena masih minimnya akses pendistribusian pangakn dari pusat ke daerah daerah. sehingga masyarakat daerah tidak bisa menjangkau dan tak memiliki stok

Negara Indonesia, berupaya memantapkan ketahanan pangan adalah suatu prioritas utama dalam pembangunan. Sebagai salah satu negara yang memiliki komitmen untuk menurunkan kemiskinan, Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung tercapainya kesepakatan tersebut. Namun di sisi lain, kerawanan pangan dan gizi sangat terkait dengan kualitas sumber daya manusia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan prevalensi gizi kurang pada balita di Indonesia mencapai 19,6 persen (Badan Litbangkes, 2013), dibanding kondisi pada tahun 2010 (17,9%) prevalensi gizi kurang pada balita meningkat 1,7 persen. Kondisi tersebut bervariasi antar provinsi, dimana dua provinsi yang prevalensinya sangat tinggi (>30%) adalah NTT dan Papua Barat. Ini berarti masalah gizi kurang di Indonesia termasuk kategori mendekati prevalensi tinggi. Kondisi demikian benarbenar memprihatinkan karena dalam pertumbuhannya, otak anak-anak tidak akan berkembang, cacat, dan tak akan pernah bisa dipulihkan, sehingga lost generation menghantui masa depan bangsa ini. Bila hal ini dibiarkan terjadi maka akan dapat mengganggu kelangsungan berbagai kepentingan bangsa dan negara (Bappenas, 2011).

Referensi

Purwantini, T. B. (2014). PENDEKATAN RAWAN PANGAN DAN GIZI: BESARAN, KARAKTERISTIK, DAN PENYEBABNYA. Jurnal FORUM PENELITIAN AGRO EKONOMI. 32(1) halaman 1-17.