Apa saja corak atau gaya karya seni rupa murni Indonesia?

Gaya seni rupa murni Indonesia memiliki keunikan dan keragaman yang sejalan dengan kebudayaan dan peradaban manusia. Apa saja corak yang ada dalam karya seni rupa tersebut?

Gaya primitif
Pada zaman primitif ini seperti lukisan yang ditemukan pada dinding - dinding gua. Sedangkan seperti patung tradisional di Papua, Suku Dayak di Kalimantan dan Toraja. Karya seni zaman primitif ini lebih bersifat alami dan media yang sederhana. Karya yang berupa pahatan tersebut lebih cenderung statis dan memiliki perbedaan dengan seni pahat Jawa, Bali serta Sumatera, dinamis dan dekoratif. Hal tersebut dipengaruhi oleh budaya Hindu, Buddha dan Islam.

Gaya klasik
Gaya klasik adalah peninggalan dari periode, Hindu, Buddha serta Islam. Sedangkan peninggalan zaman Hindu- Buddha adalah berupa bangunan candi, seni hias, patung serta relief.
Bercorak dekoratif dan stilasi karya seni yang dihasilkan pada zaman Islam pada umumnya. Sedangkan seperti bangunan masjid, kaligrafi, pahatan batu nisan, batik dan wayang.

Gaya modern
Pada masa ini antara lain seperti seni bangunan, patung serta seni lukis dan karya seni rupa murni yang muncul pada zaman modern. Sedangkan Berbagai seni rupa yang sedang berkembang di negara Eropa juga populer di Indonesia.